5 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah saat Musim Hujan

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 611 2499003 5-cara-atasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah-saat-musim-hujan-j2cldVn3F8.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MUSIM hujan yang dingin kerap menyebabkan bibir kering. Hal ini terjadi karena udara yang ada menarik kelembapan sehingga kulitnya menjadi kering dan bibir pecah-pecah.

Selain membuat tidak nyaman, bibir dengan kondisi seperti ini juga kerap menurunkan percaya diri seseorang. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini 5 cara merawat bibir supaya tidak kering dan pecah-pecah, seperti dikutip dari Insider, Senin (8/11/2021).

1. Oleskan petroleum jelly

Petroleum jelly adalah bahan utama yang ditemukan pada lip balm dan terbukti mampu membantu melindungi kulit serta mengunci kelembaban bibir. Bahan ini sangat penting untuk mencegah masalah bibir kering.

Di sisi lain, petroleum jelly juga bersifat oklusif yang berarti hanya dapat melindungi bibir dari kurangnya kelembaban. Maka cara terbaik untuk menggunakan bahan ini adalah dengan mengoleskan lip balm terlebih dahulu untuk memberikan kelembaban, kemudian kunci kelembaban tersebut dengan lapisan petroleum jelly.

Baca Juga : Beautypedia, Manfaat Minyak Kedelai untuk Mengobati Kulit Kering

2. Gunakan lidah buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman sekulan yang menghasilkan gel pelembap. Kandungan lidah buaya ini tidak hanya dapat merawat kulit wajah dan tubuh, namun juga membantu menjaga bibir tetap terhidrasi dan mencegah dari masalah bibir kering.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung molekul polisakarida yang dapat membantu kelembaban serta mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru. Kamu bisa memetik tanaman lidah buaya sendiri atau membeli gel lidah buaya di toko kecantikan terdekat untuk mendapatkan bahan ini.

Baca Juga : Beautypedia: Tips Rutinitas Perawatan Kulit Kering Akibat Menopause

3. Gunakan madu

Madu sangat ampuh mencegah bibir kering dan juga pecah-pecah. Madu juga terkenal dengan khasiat penyembuhannya yang dapat membantu meredakan luka serta retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi retakan dan juga luka. Menurut Ahli Bedah Plastik, Konstantin Vasyukevich, madu dapat bekerja sebagai eksfoliator ringan, yang juga membantu menghilangkan kulit kering pada bibir.

"Madu bekerja sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit kering dan mati dari bibir," kata Vasyukevich.

Cara menggunakannya pun mudah. Cukup gunakan jari yang bersih atau kapas untuk mengoleskan madu secara tipis pada bibir. Kemudian, biarkan selama 20 menit hingga 30 menit, lalu bilas dan bersihkan. Jika kamu tidak fokus dan kerap menjilatinya karena rasanya yang manis, sebaiknya gunakan madu ini sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

4. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien yang sangat bagus untuk mengunci kelembaban bibir dan mencegah bibir menjadi kering. Minyak kelapa ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bibir pecah-pecah.

Selain itu, sifat antibakteri minyak kelapa juga membantu menjaga bibir dari kuman, serta mencegah infeksi luka yang terbuka. Kamu dapat menggabungkannya dengan sedikit gula, serta menggunakannya sebagai exfoliant lembut untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada bagian bibir yang kering.

5. Gunakan scrub dari gula

Bibir Pecah-Pecah

Ketika sel kulit mati menumpuk di bibir, kamu dapat mencegahnya dengan menggunakan scrub dari gula. Pasalnya, scrub ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Cara membuat scrub gula pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

- Masukkan satu sendok makan gula, satu sendok makan minyak kelapa dan madu ke dalam mangkuk.

- Aduk hingga rata dengan menggunakan jari yang bersih untuk mengoleskan scrub ini ke bibir.

- Gosok perlahan bibir dengan gerakan memutar selama satu menit.

- Bersihkan sisa scrub setelah selesai.

- Oleskan petroleum jelly atau minyak kelapa untuk mengunci kelembaban bibir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini