5 Skincare Wajib agar Wajah Tak Kusam di Musim Hujan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 611 2499123 5-skincare-wajib-agar-wajah-tak-kusam-di-musim-hujan-CjoqL0oZat.jpg Musim hujan (Foto: Steemit)

MUSIM hujan apalagi dengan curah hujan yang tinggi, tak hanya membuat udara semakin dingin tapi juga membuat tingkat kelembapan udara semakin tinggi.

Tahukah Anda, tingkat kelembapan saat musim hujan yang meningkat bisa berpengaruh pada kulit wajah. Tak heran, jika di musim ini orang banyak yang mengalami masalah komedo, whiteheads, dan jerawat yang semuanya membuat wajah jadi kusam tak bercahaya.

Meski musim hujan rasanya membuat kita jadi malas beraktivitas dan keluar rumah, tapi perawatan dengan skincare dasar tetap tak boleh dilewatkan. Apa saja tahapan skincare yang wajib dilakukan agar kulit wajah tidak kusam di musim penghujan seperti sekarang?

Mengutip Times Now News, Selasa (9/11/2021) mari simak paparan singkatnya berikut di bawah ini.

 pakai toner

1. Toner

Step pertama yang harus dilakukan jika kita ingin menghilangkan kotoran yang menempel di pori-pori kulit wajah karena paparan kelembapan dan polusi yang terus menerus. Toner jadi produk skincare yang tak boleh dilewatkan. Ingat, pilihlah toner yang bebas alkohol agar tidak kasar merusak kulit wajah.

2. Sunscreen

Jangan karena musim hujan lalu kita absen memakai sunscreen, sebab meski mendung sekali pun, yang namanya sinar matahari tetap ada loh! Itulah kenapa sunscreen jadi produk skincare wajib dipakai sehari-hari, baik ketika beraktivitas di dalam rumah atau berkegiatan di luar rumah. Tabir surya memang tak boleh diabaikan jika ingin kulit wajah tetap sehat dan awet muda untuk waktu yang lama.

3. Sabun pencuci wajah

Kenapa facewash penting? Karena kelembapan cenderung memicu hadirnya kotoran dan partikel lain yang mungkin menempel di permukaan wajah. Membersihkan wajah dengan lembut memakai facewash yang tepat bukan cuma membantu menghilangkan kotoran, tetapi juga akan membuat kulit wajah terasa segar.

4. Moisturizer

Moisturizer alias krim pelembap, ya Anda tak salah membaca kok! Suhu lembap bisa menyebabkan kulit jadi berminyak, nah minyak ini lah yang bisa menyebabkan breakout. Maka dari itu, sebagai antisipasi, adalah dengan menjaga kulit terus terhidrasi dengan baik melalui asupan air minum dan mengoleskan pelembab yang menutrisi kulit. Disarankan saat memilih krim mostruraizer, pilihlah pelembap yang bebas minyakagar tidak lengket di wajah.

 Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Wajah Berminyak, Mudah Digunakan Lho

5. Face mask

Mengaplikasikan face mask atau masker wajah akan membantu detoksifikasi kulit karena bisa menyingkirkan bakteri, minyak, dan kotoran yang menempel jauh di dalam pori-pori kulit wajah kita. Pilihlah face mask yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kondisi kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini