Share

Vaksin Covid-19 Pengaruhi Kesuburan Program Kehamilan, Benarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 481 2499742 vaksin-covid-19-pengaruhi-kesuburan-program-kehamilan-benarkah-Fd4rbDwjdi.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

SELAMA masa pandemi, banyak sekali kabar miring yang muncul seputar vaksin Covid-19. Salah satunya adalah vaksin Covid-19 yang dianggap dapat memengaruhi kesuburan program kehamilan.

Tentunya kabar ini membuat masyarakat menjadi takut dan khawatir, terutama bagi para perempuan yang merencanakan memiliki momongan dalam waktu dekat. Lantas apakah informasi yang beredar tersebut benar?

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan, @satgas.relawan, Rabu (10/11/2021), memastikan bahwa kabar tersebut adalah tidak benar atau hoax. Masyarakat diimbau tidak khawatir karena vaksin Covid-19 terbukti tak berdampak terhadap kesuburan baik laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga : Beredar Isu Vaksin Covid-19 Miliki Tingkat Kematian 174 Kali Lebih Tinggi pada Anak, Benarkah?

Adapun fakta vaksin Covid-19 bagi kesuburan program kehamilan adalah:

1. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin Covid-19 tidak memicu apapun pada kesuburan laki-laki maupun perempuan.

2. Hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa vaksin Covid-19 timbulkan gangguan pada organ-organ reproduksi.

3. Bahkan karena memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah jika terinfeksi Covid-19. Ibu hamil menjadi salah satu target sasaran prioritas program vaksinasi Covid-19 untuk menekan angka risiko penularan bahkan kematian akibat Covid-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini