5 Tips Ritual Awet Muda, Yuk Cegah Penuaan Dini!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 611 2499863 5-tips-ritual-awet-muda-yuk-cegah-penuaan-dini-MfFlJYU81k.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJADI tua adalah sebuah proses yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Tapi, meskipun kita pasti menjadi tua bukan berarti kita tidak bisa tampil lebih muda loh.

Tapi, ada juga mereka yang terlihat lebih tua padahal usianya masih muda. Hal ini tidak terlepas dari kulit yang terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, kita harus menjaga kulit agar terlihat awet muda.

Jika kita mengikuti diet sehat, tidur nyenyak, dan rutinitas perawatan kulit yang tepat, kita dapat dengan mudah mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda. Nah, melansir Times of India, berikut adalah beberapa rutinitas perawatan kulit terbaik yang dapat membantu mencegah penuaan:

Tabir surya

Tabir surya adalah solusi anti-penuaan terbaik. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi Anda dari sinar matahari. Matahari bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit Anda. Ini dapat menyebabkan bintik hitam, pigmentasi, atau bahkan kerutan.

Jadi, selalu disarankan untuk menggunakan tabir surya spektrum luas (dengan setidaknya SPF 30) bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan atau pada hari berawan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Selain mengoleskan tabir surya, Anda dapat mengenakan pakaian berlengan panjang, kacamata hitam, dan topi untuk menghindari paparan sinar matahari dan melindungi kulit dari kerusakan.

Perawatan kulit

Tidur

Tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Selama tidur, aliran darah kulit Anda meningkat, dan mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan. Sangat disarankan untuk mencapai tidur masing-masing sekitar tujuh hingga sembilan jam.

Kualitas tidur yang buruk pada orang dapat dikaitkan dengan masalah gaya hidup lain yang sering dikaitkan dengan penuaan. Misalnya: peningkatan tidur atau kecemasan dapat berkontribusi pada kurang tidur. Ini secara bertahap akan menghasilkan tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit Anda.

Diet sehat

Makanan yang dikemas dengan sifat antioksidan dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Penting bagi Anda untuk fokus pada apa yang Anda makan untuk menghindari tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Makan banyak sayuran dan buah-buahan seperti sayuran berdaun hijau, paprika, brokoli, wortel, dll, dan buah-buahan seperti delima, blueberry, alpukat, dll. Anda juga dapat memasukkan teh hijau dan minyak zaitun dalam diet Anda.

Pelembap

Seiring bertambahnya usia, penting bagi Anda untuk melembabkan kulit secara teratur. Saat Anda mengoleskan pelembap, itu menjebak air di kulit Anda dan membuatnya tetap terhidrasi dan segar.

Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti kerutan atau garis-garis halus. Disarankan agar Anda mengoleskan pelembab yang mengandung Vitamin terutama Vitamin C atau Vitamin A di dalamnya.

Bahan-bahan ini efektif mencegah kerutan terbentuk atau semakin dalam. Pelembab dapat melakukan hal-hal luar biasa untuk penampilan kulit Anda, tetapi jika memiliki sifat melindungi dari sinar matahari, itu akan memperlambat proses penuaan.

Skincare

Ketika Anda memilih produk perawatan kulit untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat, penting bagi Anda untuk memberikan perhatian khusus pada bahan-bahan dalam produk.

Pilih produk yang mendetoksifikasi, mengkondisikan, dan menyembuhkan kulit Anda. Gel lidah buaya organik bersama dengan minyak esensial lavender memasok suntikan molekul oksigen yang secara instan memberi energi pada kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menunda penuaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini