Share

Hari Pahlawan, Kata-Kata Bung Tomo Ini Kobarkan Semangat Perjuangan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 612 2499517 hari-pahlawan-kata-kata-bung-tomo-ini-kobarkan-semangat-perjuangan-6SyoltCntA.jpg Bung Tomo (Foto: Wikipedia)

PARA pahlawan yang sudah gugur mempertahankan Tanah Air menjadi saksi perjuangan. Kegigihan mereka menjaga tumpah darah Indonesia patut direfleksikan dalam diri kita sendiri di zaman sekarang.

Bung Tomo adalah motor penggerak perjuangan semangat pahlawan. Hari Pahlawan pun tercetus sebagai apresiasi negara ini atas para pejuang menjaga Indonesia.

Baca Juga : Gelegar Pidato Bung Tomo Bakar Semangat Juang Rakyat Indonesia

Melalui artikel ini, MNC Portal coba mengulik kembali beberapa kalimat Bung Tomo yang tentunya dapat membakar api semangat dalam diri kita untuk terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga : Kisah Heroik Bung Tomo dan Kolonel Sungkono, Motor Gelombang Gerakan 10 November

Seperti apa yang disampaikan Presiden Soekarno bahwa 'Jangan sekali-kali melupakan sejarah' dan berikut ini beberapa kalimat Bung Tomo yang bisa kita renungi untuk kemudian jadi aksi nyata untuk bangsa ini:

Bung Tomo

1. "Kita tunjukan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka!".

2. "Pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita, sebab Allah selalu berada di pihak yang benar".

3. "Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan".

4. "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah, selama itu kita tidak akan menyerah pada siapapun juga".

5. "Jangan mulai menembak. Baru kalau kita ditembak, maka kita akan ganti menyerang. Itulah, kita tunjukkan bahwa kita ini adalah benar-benar orang yang ingin merdeka".

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini