Share

Berapa Konsumsi Gula Normal untuk Anak 7-12 Tahun per Harinya?

Melati Septyana Pratiwi, MNC Portal · Kamis 11 November 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 612 2500356 berapa-konsumsi-gula-normal-untuk-anak-7-12-tahun-per-harinya-ZK7aXF2e4v.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MAKANAN manis atau yang mengandung gula memang biasanya digemari oleh anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memang membutuhkan lebih banyak asupan gula, lantaran mereka masih sangat aktif bergerak.

Meski demikian, gula juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membuat anak mengalami obesitas, apalagi jika mereka memang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes.

Dokter Putri Sakti menjelaskan, gula memiliki beberapa jenis, salah satunya ada Sukrosa atau yang lebih dikenal dengan gula pasir. Menurutnya, gula pasir menjadi salah satu energi untuk anak-anak bergerak.

Gula

"Gula pasir ini kalau sudah diolah tubuh kita akan menghasilkan energi yang penting unutk anak-anak. Selain itu juga menghasilkan fruktosa yang bisa menjadi cadangan energi berupa lemak," ujar dr. Putri Sakti dalam Konferensi Pers Peluncurah MILO Less Sugar, Kamis (11/11/21).

Bukan hanya sukrosa, ada juga jenis gula lain yang bernama Laktosa. Jenis gula ini diproduksi dari air susu ibu (ASI) maupun susu sapi dan produk turunannya. Laktosa sendiri membawa banyak manfaat untuk anak-anak meskipun tidak begitu manis.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Rasanya memang tidak semanis gula pasir atau sukrosa, tapi tetap bermanfaat juga untuk anak-anak, bagus untuk energi otaknya , untuk memperlancar sistem pencernaan dan pertumbuhan tulang," tambahnya.

Dokter Putri mengatakan, anjuran konsumsi gula mengacu pada rekomendasi umum dari World Health Organization (WHO) maupun Kementerian Kesehatan yakni anak usia 7 - 12 tahun sebaiknya tidak lebih dari 2-3 sendok makan atau tidak lebih dari 20 gram per hari.

"Ini tidak hanya dari snack saja tetapi juga dari semua kebutuhan dalam satu harinya. Dan kalau berlebih akan memberikan dampak ke kesehatan yang lainnya," kata dr. Putri Sakti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini