10 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Calista Angelina, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 298 2500851 10-makanan-penurun-kolesterol-tinggi-AJJ8ymRTrR.jpg Makanan Penurun Kolesterol (Foto: Boldsky)

MAKANAN penurun kolesterol penting masuk dalam menu diet harian Anda. Karena, kolesterol tinggi bisa bedampak buruk bagi kesehatan. Seperti kita ketahui, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol dalam tubuh itu diperlukan untuk memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon. Kolesterol diproduksi oleh hati, tetapi kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, mengatur pola makan dengan diet rendah kolesterol dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada 10 Makanan Penurun Kolesterol.

1. Oat

Makanan Penurun Kolesterol

(Makanan Penurun Kolesterol, Foto: Boldsky)

Langkah mudah untuk menurunkan kolesterol adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin untuk sarapan. Ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Jika merasa oatmeal terlalu hambar Anda bisa tambahkan pisang atau stroberi, selain itu dari buah tambahan Anda dapat meningkatkan serat larut yang diperoleh (sekitar setengah gram). Para ahli nutrisi merekomendasikan mendapat sekitar 20 hingga 35 gram serat dalam sehari.

Baca Juga : 3 Bahan di Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

2. Barley (jelai)

Seperti gandum, jelai juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jelai memberikan serat larut yang baik.

3. Kacang polong

Biji dari tumbuhan polong kaya akan serat larut. Membutuhkan waktu untuk dicerna artinya Anda jadi merasa kenyang lebih lama. Ada begitu banyak jenis biji-bijian yang bisa Anda konsumsi, mulai dari navy, kacang merah, lentil, garbanzo, kacang polong, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi cara mengolahnya agar tidak bosan.

4. Terong dan okra.

Makanan Penurun Kolesterol

(Makanan Penurun Kolesterol, Foto: Boldsky)

Selain enak dan mudah diolah, sayur kedua sayur ini juga baik untuk menurunkan kolesterol tubuh. Kandungan pektin pada sayur ini merupakan serat larut.

Baca Juga : Kolesterol Naik Tiba-Tiba? Atasi Saja dengan Bawang Putih

5. Kacang.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung.Mengonsumsi 2 ons kacang dalam sehari dapat sedikit menurunkan LDL (kolesterol jahat) sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung juga lho!

6. Minyak nabati

Penggunaan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lainnya itu lebih baik untuk menurunkan kolesterol. Dibanding menggunakan mentega, lemak babi, atau shortening saat memasak.

7. Buah-buahan

Makanan Penurun Kolesterol

(Makanan Penurun Kolesterol, Foto: Boldsky)

Buah-buahan yang kaya akan pektin yaitu sejenis serat larut yang ampuh menurunkan kolesterol jahat adalah apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk.

8. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol.

Sterol dan stanol merupakan hasil ekstrak dari tanaman. Manfaatnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Umumnya, para produsen menambahkannya ke makanan (margarin, granola batangan, jus jeruk dan cokelat).

Selain berupa tambahan dalam makanan, tersedia juga dalam bentuk suplemen. Penelitian membuktikan konsumsi 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekitar 10%.

9. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan aneka olahan kedelai, seperti tahu dan susu kedelai juga terbilang ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebesar 5% hingga 6%.

10. Ikan berlemak.

Selain tinggi protein, faktanya memakan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat. Omega-3 pada ikan dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah sehingga sekaligus melindungi jantung dengan membantu mencegah detak jantung tidak normal.

Nah selain dari makanan, kolesterol juga dapat diperoleh akibat pola hidup yang tidak sehat. Seperti, merokok dan minum minuman beralkohol. Selain itu, para penderita diabetes dan penyakit ginjal juga memiliki risiko lebih besar untuk memiliki kolesterol yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini