Rony Dozer Meninggal, Riwayat Kolesterol Tinggi Harus Diwaspadai

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 481 2500573 rony-dozer-meninggal-riwayat-kolesterol-tinggi-harus-diwaspadai-7JUjslohUQ.jpg Rony Dozer (Foto: Inst Dozer Smile 75)

RONY Dozer meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021). Menurut beberapa informasi, komedian sekaligus aktor film tersebut menghembuskan napas terakhir karena sakit.

Rony Dozer dikabarkan memiliki beberapa riwayat penyakit, seperti diabetes dan kolesterol. Bahkan, sebelum tutup usia, sahabat Tora Sudiro tersebut mengeluh sulit napas karena kalau bicara ngos-ngosan.

Penyakit yang diderita Rony Dozer ada kemungkinan disebabkan faktor risiko berat badan yang berlebih. Itu kenapa penyakitnya menjadi sulit terkontrol.

Berkaca dari apa yang dialami Rony Dozer, penyakit kolesterol tinggi dan diabetes sejatinya bisa dicegah. Kolesterol berlebih dapat memicu beberapa masalah kesehatan lain seperti hipertensi, stroke, hingga masalah jantung dan kardiovaskular lainnya.

Sebagai upaya menjaga kolesterol agar tetap pada level yang baik, diperlukan beberapa upaya menjaga kebiasaan sehat. Dalam laman Mayo Clinic, dijelaskan beberapa caranya:

 makanan sehat

1. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung

Kurangi lemak jenuh selalu disarankan dokter untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Ini dilakukan dengan mengurangi konsumsi daging merah dan susu bukan low fat.

Untuk itu, diharapkan mulai sekarang konsumsi makanan dengan lemak baik yang tinggi, seperti makanan kaya omega 3. Omega 3 dipercaya dapat menyehatkan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah.

2. Berolahraga

Upayakan untuk tetap aktif bergerak, seminggu bisa 2-3 kali dengan durasi yang tidak perlu terlalu lama, misal 20 menit. Olahraga sendiri meningkatkan kolesterol baik dan ini akan menekan keberadaan kolesterol jahat di tubuh.

Jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan ialah jalan santai, bersepeda, atau olahraga aerobik lainnya yang dirasa masih bisa Anda lakukan dan membuat Anda senang melakukannya.

3. Jauhi rokok

Jika Anda merokok, hentikan sekarang juga. Sulit memang, tetapi tindakan tersebut akan membawa Anda pada kondisi tubuh yang jauh lebih baik. Berhenti merokok dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Menurut informasi Mayo Clinic, pasca 3 bulan tanpa merokok, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dengan sirkulasi darah lebih lancar dan fungsi paru-paru membaik. Jika setahun tak merokok, jantung Anda menjadi lebih sehat.

 Baca juga: Rony Dozer Sempat Ngaku Kena Santet Sebelum Meninggal Dunia

4. Turunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah upaya yang baik juga dalam menjaga kolesterol baik di tubuh. Berapapun berat badan yang turun, itu amat berarti untuk kesehatan Anda.

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis perlu dibatasi. Lalu, hobi ngemil pun jangan dibiarkan berlarut-larut hingga Anda sulit melepaskannya. Alihkan camilan tidak sehat ke camilan makanan sehat jika perlu.

Lalu, jangan biasakan naik lift jika sekiranya masih bisa dijangkau dengan naik tangga. Ini akan membantu tubuh bergerak dan menurunkan berat badan. Pun berjalan kaki perlu diperbanyak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini