Mengenal Selulitis, Penyakit yang Pernah Dialami Rony Dozer Sebelum Meninggal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 481 2500577 mengenal-selulitis-penyakit-yang-pernah-dialami-rony-dozer-sebelum-meninggal-gNNm7iD5Re.jpg Rony Dozer (Foto: Inst Dozer Smile 75)

INDUSTRI hiburan Tanah Air kembali berduka. Aktor Rony Dozer mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis 11 November 2021, malam. Diduga aktor bertubuh gempal tersebut meninggal karena komplikasi dari penyakit yang ia alami sebelumnya.

Lama tak muncul di dunia hiburan, pria kelahiran 1975 itu sempat menderita penyakit yang menyerang kakinya. Tepatnya pada 2014, Rony merasakan gejala bengkak secara tiba-tiba, kakinya mulai memerah seperti terbakar, dan terkadang juga kerap meriang.

 Rony Dozer

Rony menyebut dokter mendiagnosa dirinya mengidap selulitis pada kaki. Merangkum dari Mayo Clinic, Jumat (12/11/2021), selulitis adalah infeksi kulit bakteri yang umum dan berpotensi serius. Kulit yang terkena tampak bengkak dan merah dan biasanya terasa sakit dan muncul rasa hangat saat disentuh.

Selulitis biasanya menyerang kulit di kaki bagian bawah, tetapi tidak menutup kemungkinan pula terjadi di bagian wajah, lengan, dan area lainnya. Selulitis dapat terjadi ketika retakan atau kerusakan pada kulit seseorang yang memungkinkan bakteri untuk masuk.

Selulitis terjadi ketika bakteri streptococcus dan staphylococcus, masuk melalui celah atau retakan di kulit. Insiden infeksi staphylococcus yang serius yang disebut methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA). Meski selulitis dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tapi lokasi yang paling umum adalah kaki bagian bawah.

 Baca juga: Rony Dozer Sempat Ngaku Kena Santet Sebelum Meninggal Dunia

Bakteri kemungkinan besar masuk ke area kulit yang terganggu, seperti pada bekas luka operasi, luka biasa, luka tusukan, bisul, kutu air atau dermatitis. Bahkan gigitan hewan pun dapat menyebabkan selulitis. Bakteri juga bisa masuk melalui area kulit yang kering, bersisik atau kulit yang bengkak.

Adapun gejala yang timbul akibat selulitis, meliputi:

1. Area kulit merah yang cenderung membesar

2. Pembengkakan

3. Bagian yang terkena terasa lembut

4. Nyeri

5. Rasa hangat

6. Demam

7. Bintik merah melepuh

8. Lesung kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini