Menkes Kenang Sejarah Hari Kesehatan Nasional yang Berawal dari Pemberantasan Malaria

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 481 2500783 menkes-kenang-sejarah-hari-kesehatan-nasional-yang-berawal-dari-pemberantasan-malaria-9fVuzFf37A.jpg Menkes Budi (Foto: Instagram/@budigsadikin)

MENTERI Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 yang jatuh pada hari ini, Jumat, 12 November 2021. Seperti kita ketahui, tanggal 12 November selalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

Peringatan tersebut diketahui sudah ada sejak tahun 1964. Hal tersebut diungkap Menkes RI Budi Gunadi Sadikin di media sosial Instagramnya.

“SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL. 12 November adalah Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Indonesia. Hari Kesehatan Nasional diperingati pertama kali pada 12 November 1964 untuk memperingati keberhasilan pemberantasan malaria,” kata Menkes Budi dikutip dari keterangan foto Instagramnya, Jumat (12/11/3021).

Menkes Budi

Dia menjelaskan, adanya Hari Kesehatan Nasional bermula di tahun 1950-an, di mana saat itu penyakit malaria banyak diderita masyarakat Indonesia. “Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria. Karena itulah, pemerintah melakukan program pemberantasan malaria di seluruh penjuru Tanah Air,” tulisnya.

Baca Juga : Hari Kesehatan Nasional, Waspada 4 Penyakit yang Sering Menyerang Orang Indonesia

Guna mencapai hal tersebut, tahun 1959 dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 berubah namanya menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM).

Soekarno

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Mikroba untuk Kendalikan Malaria

Sejak saat itu, pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung.

Penyemprotan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir Sukarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta. “Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57; Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku,” tulis Menkes Budi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini