3 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Bekas Jerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 611 2500831 3-bahan-alami-yang-ampuh-atasi-bekas-jerawat-jZ1ku4TNIm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT menjadi penyakit kulit wajah yang paling sering terjadi. Bukan hanya karena kotoran dan kebersiahan wajah, jerawat juga terjadi karena adanya faktor hormonal.

Jerawat memang membuat bisa membuat orang tidak percaya diri akan penampilannya. Selain menyebabkan rasa sakit, jerawat juga bisa menyebabkan bintik hitam di wajah setelah sembuh.

Bahkan, bekas luka sebagian besar terbentuk ketika jaringan di bawah kulit rusak karena breakout. Bekas luka juga terbentuk sebagai upaya untuk menyembuhkan kulit setelah jerawat hilang. Sering kali, terlalu sedikit kolagen atau hormon yang membantu menyembuhkan kulit, bisa meninggalkan bekas luka.

Kabar baiknya adalah bahwa bekas luka tidak permanen. Ada beberapa perawatan alami yang mengurangi penampilan mereka dari waktu ke waktu dengan aplikasi yang konsisten, sebagaimana dilansir dari laman Pinkvilla.

Jerawat

Lidah buaya

Obat rumahan yang umum dan bahan alami yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, ini membantu proses penyembuhan bekas luka. Menerapkan gel Aloe Vera pada daerah yang terkena tidak hanya membantu mengurangi peradangan tetapi juga mengurangi munculnya jaringan parut.

Madu

Sama seperti lidah buaya, madu juga dikenal karena khasiat penyembuhannya. Ia dikenal untuk menenangkan luka bakar dan luka berkat sifat anti-inflamasinya. Aplikasi madu secara konsisten pada bekas luka dapat membantu mengurangi tampilannya dan bahkan menyembuhkannya sepenuhnya seiring waktu.

 

Minyak biji hitam

Dicari dari tanaman obat, minyak ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang tidak hanya menghentikan pembentukan jerawat lebih lanjut tetapi juga menyembuhkannya.

Menurut beberapa penelitian, itu juga mempercepat proses penyembuhan kulit, dengan aplikasi yang konsisten sekaligus menghilangkan pigmentasi kulit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini