Share

Pfizer Minta Izin Vaksin Booster Bisa Dipakai Usia 18 Tahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 612 2500816 pfizer-minta-izin-vaksin-booster-bisa-dipakai-usia-18-tahun-2wROBKhEB3.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

ANTIBODI yang dihasilkan oleh vaksin Covid-19 memang akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, perusahaan vaksin kemudian memberikan solusi berupa vaksin booster.

Salah satu perusahaan vaksin yang ingin memberikan booster adalah Pfizer. Bahkan, mereka tengah mengajukan permohonan kepada Food and Drug Administration (FDA) selaku badan regulator pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat. untuk penggunaan darurat vaksin booster Covid-19 pada usia 18 tahun ke atas.

Permintaan Pfizer akan dipertimbangkan oleh FDA, dan keputusan tersebut akan keluar dalam beberapa pekan mendatang. Sejauh ini masih belum jelas apakah FDA akan meminta bantuan dari kelompok penasihat independennya, Vaccines and Related Biological Products Advisory Committee.

Vaksin booster Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer.Inc sendiri saat ini sudah diizinkan untuk digunakan dalam program vaksinasi Amerika. Vaksin booster ini sudah mengantungi izin otorisasi untuk diberikan pada kelompok orang dewasa tertentu di Negeri Paman Sam tersebut, seperti kelompok lanjut usia berusia 65 tahun ke atas.

Selain itu, mereka yang tinggal di fasilitas perawatan jangka panjang, serta orang berusia 18 hingga 64 tahun yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 karena kondisi medis yang tertentu atau karena faktor pekerjaan mereka juga telah mendapatkan tambahan.

Suntikan ini pun diberikan 6 bulan pasca-vaksin Covid-19 dosis kedua. Jika FDA akhirnya mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin booster Covid-19 untuk kelompok usia lebih muda ini, maka tinggal menunggu rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sebelum bisa benar-benar diberikan ke masyarakat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini