Share

5 Kesalahan saat Turunkan Berat Badan yang Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar

Wilda Fajriah, Okezone · Jum'at 12 November 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 612 2500891 5-kesalahan-saat-turunkan-berat-badan-yang-sering-dilakukan-orang-tanpa-sadar-T2FzHavyyo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK cara untuk menurunkan berat badan, tapi semua tips menurunkan berat badan yang sehat pasti memiliki satu kesamaan, yakni konsistensi. Memang, menurunkan berat badan tidak boleh secara instan, karena malah dapat mengganggu fungsi tubuh.

Tapi menghindari makanan atau melewatkan makan tidak membantu penurunan berat badan, jika Anda masih melakukan beberapa kesalahan ini. Melansir laman Times Now News, berikut sederet kesalahan ketika menurunkan berat badan yang mungkin Anda lakukan secara tidak sadar.

Anda melewatkan sarapan

Menurut laporan di TIME, peneliti dari University of Hohenheim di Jerman menemukan bahwa ketika orang melewatkan sarapan, konsentrasi glukosa dan penanda peradangan dan resistensi insulin lebih tinggi setelah makan siang. Peradangan kronis diketahui mempengaruhi sensitivitas insulin, melewatkan sarapan dapat berkontribusi pada "gangguan metabolisme," yang berpotensi meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Diet

Anda mengonsumsi jus saat sarapan

Meskipun tidak semua jus mengandung gula dan kalori yang tinggi, sebagian besar jus buah memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Minum jus buah segar secara teratur dapat berkontribusi pada asupan kalori yang jauh melebihi jumlah yang Anda kurangi, yang dapat menyebabkan Anda menambah berat badan.

Juga, jika Anda membatasi sarapan Anda dengan segelas jus, Anda mungkin menjadi lapar dan makan berlebihan nantinya.

Anda melewatkan waktu makan

Kecuali Anda menjalankan rencana puasa intermiten, makan kurang dari tiga kali mungkin membuat Anda mengemil antara waktu makan dan menambah asupan kalori Anda.Menjadi lapar dan frustrasi, Anda bahkan mungkin akan makan makanan setiap kali Anda duduk untuk makan. Jadi, jadwalkan makanan Anda dengan baik. Dan secara realistis.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Anda memiliki terlalu banyak protein

Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai diet penurunan berat badan. Diet tinggi protein dapat memperburuk fungsi ginjal pada orang dengan penyakit ginjal karena tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan menghilangkan semua produk limbah metabolisme protein.

Lebih buruk lagi, jika Anda tidak membakar kelebihan protein yang Anda konsumsi dengan berolahraga, itu bisa disimpan sebagai lemak. Itu akan merusak upaya penurunan berat badan Anda.

Terlalu banyak membatasi makanan

Terlalu banyak membatasi variasi makanan, jumlah, frekuensi dapat menyebabkan kekurangan gizi, dehidrasi, sembelit, kecemasan, dll. Lapar karena kelaparan, seseorang bahkan mungkin berakhir dengan makan berlebihan atau curang.

Belum lagi rasa bersalah yang mengikuti dan efek yo-yo dari makan berlebihan dan diet yang mungkin terjadi. Jadi, buatlah rencana yang realistis. Beri diri Anda berbagai makanan rendah kalori dan hadiahi diri Anda sendiri ketika Anda mengikuti klausul rencana Anda dengan baik secara konsisten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini