Share

Kenali 5 Tanda Anda Tak Cocok Pakai KB Suntik 3 Bulan

Wilda Fajriah, Okezone · Jum'at 12 November 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 612 2500961 kenali-5-tanda-anda-tak-cocok-pakai-kb-suntik-3-bulan-cgrSqcewaD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi Covid-19 memang angka kelahiran mengalami kenaikan, seiring orang-orang yang tidak bisa beraktivitas secara normal. Oleh karena itu, beberapa pasangan pun memutuskan untuk melakukan program KB.

Program KB memang terdiri dari berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan cara suntik. Tapi, tidak semua perempuan bisa menerima suntik KB loh, ada beberapa orang yang malah mengalami alergi.

Nah, jika tidak ditangani dan dibiarkan begitu saja, efek samping tersebut mungkin bisa membahayakan kondisi kesehatan. Terlebih jika Anda memiliki masalah kesehatan lain yang memicu keparahan.

Pada beberapa kasus, efek samping KB 3 bulan meliputi kesulitan bernapas, sakit perut bagian bawah, nyeri berkepanjangan, gatal, kemerahan di area suntikan, atau reaksi alergi serius.

KB

Sekadar informasi mengenai KB suntik 3 bulan, menurut laman WebMD, KB jenis ini disuntikkan di lengan atau bokong. Alat kontrasepsi ini bekerja 12 hingga 14 minggu pasca-suntikan. Ahli menyarankan agar dilakukan suntikan ulang per 12 minggu untuk mendapat perlindungan penuh.

Adapun ciri-ciri bahwa Anda tidak cocok mendapatkan KB 3 bulan, antara lain:

Siklus menstruasi terganggu

Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan pertama adalah kemungkinan Anda mengalami menstruasi yang lebih sering atau tidak teratur. Pada beberapa kasus, tanda ini ditunjukkan dengan keluarnya bercak perdarahan atau tidak menstruasi sama sekali.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Sakit kepala, kembung, hingga kulit berjerawat

Ciri-ciri berikutnya adalah sakit kepala, perut kembung, payudara terasa lunak atau nyeri, menurunnya gairah seksual, pusing, perubahan pada kulit misal timbul jerawat yang parah, dan mood yang berubah-ubah.

Kenaikan berat badan

Pada beberapa kasus, orang yang tidak cocok dengan KB suntik 3 bulan memperlihatkan kenaikan berat badan. Hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormon.

Keputihan

Keputihan adalah sekresi Miss V yang dipengaruhi oleh pH di sekitar organ intim kewanitaan. Ini menyebabkan pertumbuhan jamur yang ditandai keluarnya cairan putih di mulut Miss V. Kondisi ini bisa terjadi mungkin karena pengaruh hormon progesteron yang disuntikkan dan itu memberi efek pada pH di area genital.

Tulang menjadi rapuh

Pada beberapa kasus, ketidakcocokan KB suntik 3 bulan juga ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang dan ini menyebabkan tulang jadi lebih tipis dan rapuh. Namun, para ahli percaya bahwa kondisi ini bisa kembali membaik jika penggunaan KB dihentikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini