Cek Fakta: Makan Petai Bantu Hilangkan Nyeri Pinggang

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 13 November 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 13 298 2501253 cek-fakta-makan-petai-bantu-hilangkan-nyeri-pinggang-zYiw0x3AFl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PETAI memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi. Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) menyebut petai bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Tapi, bukan berarti mengonsumsi petai bisa membuat segala penyakit. Nah, dalam sebuah unggahan di media sosial, disebut makan petai dapat menghilangkan nyeri di pinggang..

Klaim yang beredar di Facebook itu menerangkan, setidaknya seseorang perlu mengonsumsi 10 petai setiap hari untuk menyembuhkan sakit pinggang. Efek pemulihan dari memakan petai itu pun dapat dirasakan hanya berselang beberapa hari.

Hoax Petai

Berikut potongan narasinya:

"Sejak thn 2006 Tulang Pinggang saya terasa sakit ,

duduk lama akan terasa sakit ,

Berdiri lama sakit , Terlebih menggendong anak n saat tidur tengkurap .

Sekitar Dua Bulan lalu saya :

*MAKAN PETE secara rutin , 10 buah tiap hari ... !!!*

Setelah beberapa hari rasa Sakit berkurang n saat ini hampirĀ² tak ada lagi rasa Sakit di Pinggang ... !!!

Ibu mertua juga makan , tadinya JariĀ² susah n agak Sakit bila digerakkan . Saat ini , jauh lebih baik ... !!!".

Namun, benarkah memakan petai dapat menyembuhkan sakit pinggang?

Profesor Farmakologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati menyatakan belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan konsumsi petai bisa menyembuhkan sakit pinggang.

"Tentu tidak terbukti ada efek seperti itu ke manusia. Bahkan jika ada kesaksian, tidak jelas berapa banyak petai yang harus dimakan untuk mendapatkan efek seperti itu," kata Zullies, sebagaimana dilaporkan AFP.

Menambahkan, Lily Arsanti Lestari, Pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM menyatakan informasi soal khasiat petai itu adalah hoaks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini