Share

Pasien Stroke Harus Segera Ditangani saat Masa Golden Time agar Selamat

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 15 November 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 481 2501784 pasien-stroke-harus-segera-ditangani-saat-masa-golden-time-agar-selamat-m9PyMC1cD8.jpg Kena serangan stroke (Foto: Insider)

STROKE merupakan salah satu penyakit momok ditakuti oleh masyarakat. Sebab memang banyak pasien stroke yang meninggal karena terlambat mendapatkan pertolongan.

Dokter Erwan Wijaya Putra Sianipar, Sp.N. dari Rumah Sakit Siloam Sentosa menjelaskan, sebenarnya golden time penanganan stroke merupakan masa di mana pasien bisa selamat saat ditolong dari serangan stroke.

 stroke

"Peran CT scan 32 slices sangat dibutuhkan untuk membantu pasien stroke. Peran CT scan sangat optimal guna penanganan penyakit, termasuk bagi para pasien pasca-stroke pun di saat golden time dalam penanganan stroke," ujar Dokter Erwan belum lama ini.

Hasil dari CT scan, terang Dokter Erwan, sangat membantu guna mendiagnosis berbagai ragam penyakit. Dalam situasi darurat, CT scan juga dapat membantu tim medis agar lebih cepat menentukan tingkat keparahan luka dalam atau perdarahan yang terjadi saat stroke.

Pasien stroke harus ditangani segera. Golden time period itu adalah waktu yang paling bagus untuk menangani penyakit stroke.

Dibandingkan ketika dibawa ke rumah sakit usai sehari, dua hari, maka hal terbaik, begitu pasien kena serangan stroke, langsung dilarikan ke rumah sakit agar masa golden time-nya masih ada. Di sanalah, pentingnya ada CT scan untuk mendiagnosis serangan stroke.

Dokter Michael A. Sundakh, SpRad, Dokter Spesialis Radiologi di RS Siloam Sentosa menambahkan, CT scan dapat digunakan untuk menghasilkan gambar organ di kepala, dada, perut, lutut, hingga tulang belakang.

 Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 Sebabkan Stroke pada Anak, Benarkah?

Pemeriksaan CT scan atau computerized tomography scan merupakan instrumen penting dalam pencitraan medis guna melengkapi fungsi sinar-X dan ultrasonografi medis. CT scan menghasilkan gambar jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah di tubuh manusia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini