Share

Pasien Diabetes, Begini Cara Mudah Kontrol Gula Darah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 November 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 481 2501788 pasien-diabetes-begini-cara-mudah-kontrol-gula-darah-VK8Umss1UF.jpg Pasien diabetes (Foto: Pulse headlines)

HARI Diabetes Sedunia jatuh pada 14 November kemarin. Di momen ini, masyarakat diharapkan teredukasi terkait dengan penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor 3 di dunia tersebut.

Ketua Umum PERKENI Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD menjelaskan, penyakit diabetes membutuhkan perhatian khusus dari semua masyarakat, karena penyakit ini menjadi sumber komplikasi juga untuk berbagai penyakit lainnya.

 diabetes

Di masa pandemi, pasien diabetes pun menjadi salah satu kelompok rentan terpapar maupun mengalami kondisi berat ketika terinfeksi Covid-19. "Karena itu, pasien diabetes diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19," kata Prof Ketut belum lama ini.

Selain vaksinasi, menurut Ketua PB PERSADIA Dr. dr. Sony Wibisono, Sp.PD-KEMD, FINASIM, upaya pencegahan lainnya yang harus dilakukan tentu saja disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh.

"Karena itu, penting bagi penyandang diabetes untuk mendapatkan dukungan, tidak hanya dari diri sendiri, tetapi juga dari edukator, keluarga, dokter, dan elemen lainnya," tambah dr Sony.

Terkait dengan bagaimana cara mudah mengontrol gula darah supaya terhindar dari masalah diabetes atau mengurangi risiko keparahan penyakit, dijelaskan dr Sony, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan diet 3J.

"Jadi, diet 3J itu adalah jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari, jadwal makan, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Komponen 3J itu mesti diperhatikan oleh penyandang diabetes," paparnya.

 Baca juga: Jangan Remehkan, Anak Kurus Juga Bisa Kena Diabetes

"Bukan hanya itu, penyandang diabetes juga harus rutin olahraga setidaknya 30 menit sehari, jalani terapi obat minum dan suntik secara konsisten, dan mendapat penyuluhan yang memadai," lanjut dr Sony.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini