Selain Obat Alami, Ini 5 Manfaat Madu untuk Kecantikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 611 2501913 selain-obat-alami-ini-5-manfaat-madu-untuk-kecantikan-5uzO8SmTbv.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KEMAMPUAN transformasi produk organik yang umum ditemukan telah diamati sejak zaman kuno. Anda tidak perlu keluar rumah untuk menghilangkan sebagian besar masalah kecantikan Anda.

Berabad-abad sebelum kosmetik dan bahan kimia mengambil alih, orang Mesir menggunakan madu sebagai pelembap alami, orang Cina sibuk memulihkan kulit awet muda mereka dengan giok roller, dan orang India meresepkan pengobatan rumahan untuk banyak penyakit kulit.

Ada banyak kegunaan madu untuk kecantikan dan kita semua melihat bagaimana madu menjadi bahan utama dalam banyak masker wajah, sampo, lip balm, lotion, dan banyak lagi.

Dalam hal memberikan manfaat kulit dan kecantikan yang tahan lama, madu secara harfiah adalah emas untuk kecantikan! Dari meredakan kulit kering, menyembuhkan jerawat, hingga mengobati luka bakar dan sebagai rendaman mandi santai di penghujung hari yang sibuk, madu memiliki banyak manfaat kecantikan.

Melansir laman Times of India pada Selasa (16/11/2021), berikut adalah beberapa manfaat madu untuk kecantikan.

Penyembuh kulit alami dan anti penuaan

Madu

Madu memiliki sifat penyembuhan kulit alami, merupakan penguat kolagen yang hebat dan oleh karena itu, juga merupakan anti penuaan yang hebat.

Dalam bentuk alaminya, madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi membantu membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit kusam, dan digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis.

Baca Juga : 4 Mitos Salah Kaprah soal Madu, Salah Satunya Disemuti Berarti Palsu

Pelembap dan Exfoliator

Karena madu adalah humektan alami, madu menambah kelembapan secara alami dan merawat kulit kusam, serta memulihkan kilau alaminya. Ini juga memiliki sifat antiseptik, anti-bakteri dan anti-inflamasi alami.

Emolien bekerja pada semua jenis kulit. Ini dapat dicampur dengan oatmeal untuk memberi Anda kulit yang lembut, bergizi, bersih dan lembab, atau dapat digunakan sendiri. Masker lemon dan madu dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan membantu pergantian sel, karena madu adalah agen anti-bakteri alami yang sangat baik.

Karena madu mentah mengkristal dari waktu ke waktu, butiran kecil bertindak sebagai exfoliant yang lembut. Selanjutnya, ia juga memiliki sifat mengencangkan, menghaluskan, mencerahkan, depigmentasi dan anti-penuaan, alasan itu telah digunakan sejak berabad-abad sebagai agen kecantikan. Ini juga mengandung hidrogen peroksida yang membantu memudarkan bekas luka, dan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Baca Juga : Dalam Sehari, Berapa Kali Sebaiknya Minum Madu?

Perawatan jerawat dan bekas luka

Semakin dini Anda mulai menggunakan madu, semakin baik. Kebanyakan orang menghadapi masalah jerawat di usia remaja atau mungkin berada di bawah sinar matahari selama berjam-jam untuk kegiatan olahraga.

Sifat antimikroba, antijamur, dan antibakteri alami madu membantu menenangkan jerawat, membersihkan pori-pori, membunuh bakteri, dan mengontrol bekas luka yang disebabkan oleh sengatan matahari.

Ketebalannya bertindak sebagai penghalang dari infeksi yang mungkin mencoba masuk ke kulit yang melepuh. Madu yang dioleskan pada luka juga dapat mengurangi peradangannya.

Membersihkan noda kulit dan menyembuhkan peradangan

Madu

Untuk manfaat kecantikan terbaik, gunakan madu mentah yang tidak dipasteurisasi dan jelajahi potensi penuhnya. Jenis madu lainnya dipanaskan dan disaring untuk meningkatkan umur simpan, yang pada gilirannya mengurangi sifat kaya enzimnya.

Varietas madu gelap bahkan memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi. Sangat penting bahwa madu yang Anda gunakan masih mengandung bakteri sehat agar efektif pada kulit. Ini akan membantu dalam mengatasi peradangan, kemerahan dan noda pada kulit.

Kulit sempurna dan rendaman mandi yang menenangkan

Sesendok madu membantu tidur tanpa gangguan, karena menyebabkan lonjakan insulin yang lambat dan stabil, yang diubah menjadi serotonin dan melatonin, dua bahan kimia yang membantu Anda tertidur.

Tidur nyenyak pada gilirannya membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya dan sempurna. Berendam dengan madu akan membantu Anda mencapai tujuan relaksasi Anda.

Kekuatan menghidrasi madu akan membuat kulit Anda super lembut dan halus. Ini adalah makanan super, dengan khasiat luar biasa yang bermanfaat.

Madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini