Share

Tidur Siang Lebih dari 30 Menit Malah Buruk untuk Kesehatan

Tim Okezone, Okezone · Senin 15 November 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 612 2501984 tidur-siang-lebih-dari-30-menit-malah-buruk-untuk-kesehatan-w7nsC1fFNc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN kualitas, kuantitas atau waktu tidur juga sangat memengaruhi kesehatan seseorang loh. Selain tidur malam, tidur siang juga mampu membuat tubuh seseorang lebih bugar loh.

Hanya saja, jika seseorang tidur siang terlalu lama maka dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi di malam hari. Oleh karena itu, disarankan tidur singkat selama 20-30 menit.

Psikiater Alex Dimitriu, MD mengatakan, tidur sekitar 30 menit dapat membuat suasana hati Anda lebih baik dan meningkatkan daya ingat Anda. Dimitriu seperti dikutip Antara dari Insider, mengatakan tidur siang dalam waktu singkat juga akan memperbaiki gejala-gejala seperti kerusakan, motivasi rendah dan perbaikan.

Dalam sebuah studi 2016, para peneliti mengamati efek tidur siang pada peserta studi. Hasilnya, mereka yang tidur siang selama 30 menit menunjukkan peningkatan suasana hati, sementara tidur siang 10 menit atau kurang tidur dengan suasana hati yang memburuk.

Tidur Siang

Tidur siang hari mungkin bermanfaat untuk mengurangi siang hari Anda saat ini, tetapi ini dapat membuat Anda merasa kurang dan membuat Anda lebih sulit untuk tidur pada malam hari.

Kemudian, jika Anda tidur siang lebih dari 30 menit, Anda mungkin merasa lebih pusing dan lelah dari sebelumnya. Inilah yang disebut inersia tidur. "Ini terjadi karena setelah lebih dari 30 menit, tidur kita menjadi lebih nyenyak, dan setelah itu bisa lebih sulit untuk bangun lagi," kata Dimitriu.

Tidur nyenyak sebagai tidur nyenyak dan mengikuti beberapa menit REM, atau tidur yang lebih ringan. Jika Anda merasa perlu tidur siang beberapa kali dalam seminggu, Anda mungkin tidak cukup tidur setiap malam. Tidur siang harus menjadi menarik, bukan aturan, idealnya dengan fokus pada tidur malam yang optimal 7-8 jam," demikian ujar Dimitriu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini