Share

Tua Muda Sama Manfaatnya, Ini 4 Dampak Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Novie Fauziah, Okezone · Senin 15 November 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 612 2502141 tua-muda-sama-manfaatnya-ini-4-dampak-air-kelapa-bagi-kesehatan-tubuh-9IBUjaGkL8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KELAPA memang memiliki banyak manfaat, baik daging buah hingga airnya. Memang, air kelapa menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi ketika seseorang demam hingga saat mereka berolahraga, karena memiliki elektrolit.

Biasanya, yang dicari seseorang adalah air kelapa muda. Tapi jangan salah, sebenarnya air kelapa tua juga baik bagi kesehatan loh.

"Lebih baik dari minuman isotonik manapun, itu air kelapa tua," ujar dr. Zaidul Akbar dikutip dari channel YouTube Officialnya.

Selain manis dan menghidrasi secara alami, air kelapa sarat dengan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak mendapatkan cukup. Adapun beberapa manfaat air kelapa, seperti dikutip dari laman Health Line, di antaranya adalah:

Air Kelapa

Sumber Nutrisi

Kelapa tumbuh di iklim tropis di pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera , dan secara botani dianggap sebagai buah. Semakin tua kelapa, ternyata jauh lebih baik pula.

Air kelapa mengandung 94 persen air, dan sangat sedikit lemak. Namun cairan di dalamnya ini tidak mengandung santan, di mana menjadi salah satu sumber kolesterol yang dapat mengendap di dalam tubuh.

Sumber Antioksidan

Ketika terlalu banyak terkena radikal bebas, maka akan berpengaruh besar terhadap tubuh Anda. Misalnya, stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan, bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Menurunkan Gulae Darah bagi Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan, bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya.

Di dalam air kelapa juga terdapat sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, serta penurunan kadar gula kepada seseorang yang menderita diabetes tipe 2.

 

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian, dapat membentuk batu-batu kecil. Sementara beberapa orang lebih rentan daripada yang lain, batu ginjal mempengaruhi sekitar 12 persen dari populasi dunia.

Dalam sebuah penelitian, air kelapa mencegah kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini