Daging Bintang 5, Begini Tips Mengolah Wagyu

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 298 2502673 daging-bintang-5-begini-tips-mengolah-wagyu-vM6vfJMsb0.jpg Ilustrasi. (Foto: Japana)

SAAT ingin makan steak, siapa sih yang tak ingin memilih daging wagyu. Kelembutan dagingnya jadi keunikan tersendiri.

Perwakilan Abuba Steak Aji mengatakan, masyarakat menyukai daging wagyu karena banyak hal. Tekstur dagingnya sangat lembut dan treatment sapi berbeda.

"Saat ini animo masyarakat terhadap produk wagyu sedang tinggi-tingginya. Maka kami juga ajak mengenal daging wagyu dengan masak langsung atau juga kompetisi makan wagyu 1 kg," ujarnya saat Konferensi Pers Wagyu Festival 2021.

Lebih lanjut, Aji juga mengungkap sederet tips mengolah daging wagyu yang bisa Anda lakukan. Seperti apa saja ya?

Baca Juga: Dijamin Enak, Intip Cara Membuat Nasi Bakar Semur Daging ala Chef Jerry Andrean

Kenali daging wagyu

Daging wagyu adalah daging yg paling lembut, tingkatan paling tinggi dibanding daging lainnya ada US, New Zealand Australia dan lokal. Treatment sapinya sendiri berbeda dari sapi impor lainnya.

Proses pengolahan masing-masing daging punya karakter, wagyu unik ada tingkatan marbling berbeda, A5, MB12, MB67, hingga MB89. Masing-masing punya tingkat juicy yang berbeda, semakin banyak marbling, semakin juicy dan harganya lebih mahal.

Cara memilih daging wagyu

Kalau di retail daging wagyu dijual bentuk porsian. Saat membeli yang jelas Anda harus lilih daging yang merah segar, marena pemotongannya saat itu.

Cara menyimpan

Untuk menyinpan, sebaiknya letakkan di freezer. "Tapi kalau sudah diturunin dari freezer itu paling bagus disimpan 3 hari di kulkas, kalau di suhu luar, jangan lebih dari 12 jam langsung masak" imbuhnya.

Tips masak

 wagyu

Tips masaknya adalah dagingnya tinggal dipotong, lalu masak pakai fry pan. Api kompor jangan terlalu besar, supaya terjaga antara luar dan dalam.

Durasi memasak bisa 5-7 menit untuk di-grill. Sementara jika memakai fry pan, Anda tinggal rajin cek tingkat kematangannya.

"Untuk cek tingkat kematangan, tinggal dicek digunting aja dagingnya, apa sudah medium rare, medium well atau sesuai selera. Atau mudahnya lagi pakai termometer, bisa dilihat kalau sudah mulai ada juicy-nya, suhu 65 derajat Celcius sudah cukup," terangnya.

Tak perlu marinasi

Daging wagyu, menurut Aji, tak usah terlalu dimarinasi berlama-lama. Bahkan dibikin plain lebih enak, berbeda dengan daging lain.

"Jadi marblingnya bikin gurih Atau kalau lebih gurih lagi bisa dipoles pakai saus barbeque sebelum di fry pan. Meski dipanaskan gak gosong, kecuali kecap," tuturnya.

Proses pengolahan wagyu

 

Disebutkan Aji, jika ingin memasak daging wagyu tingkat kematangannya pilih medium, jadi bagian luar hangat dan dalamnya masih ada juicy daging.

"Atau medium rare ada tenderness. Kalau well done, sisi kelembutan wagyu hilang. Bahkan ada orang yang suka medium rare masih ada merah darah," ujarnya.

Pemilihan saus

 

Aji mengatakan, daging wagyu bisa disajikan bersama saus barbeque atau mushroom dan blackpaper. "Kalau di lidah saya paling enak saus barbeque."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini