6 Cara Memudarkan Gelap pada Ketiak, Coba Yuk!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 23:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 611 2502743 6-cara-memudarkan-gelap-pada-ketiak-coba-yuk-pkdiQmwHxv.jpg Merawat ketiak (Foto: Armpits forum)

BAGI sebagian orang memiliki ketiak bewarna gelap akan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Apalagi bagi Anda yang sering mengenakan baju tanpa lengan, seperti tangtop.

Ketiak menjadi gelap bisa disebabkan beberapa faktor, misalnya pengaruh deodoran, gesekan atau terlalu ketat, hiperpigmentasi, infeksi bakteri, hingga jarang dibersihkan seperti menggunakan scrub.

Lantas bagaimana cara menghilangkannya? Dilansir dari laman Health Line, berikut ini tips agar ketiak lebih cerah dan tidak gelap lagi. Sehingga penampilan Anda lebih percaya diri.

 pakai deodoran

1. Ganti merk deodoran

Bisa jadi ketiak Anda hitam karena merk deodorant yang tidak cocok. Nah bisa juga Anda berhenti memakai deodoran, dan beralih ke cara alami.

Beberapa orang beralih ke alternatif atau menggunakan bahan-bahan alami, seperti baking soda atau cuka sari apel yang dapat memudarkan warna gelap pada ketiak.

2. Eksfoliasi

Kemudian eksfoliasi secara rutin, salah satunya menggunakan lulur scrub. Hal ini guna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, di mana penyebab kulit ketiak Anda menjadi gelap.

Lakukan eskfloasi minimal seminggu sekali. Ketiak Anda akan kembali cerah, dan tidak lagi hitam.

3. Irisan Lemon

Selanjutnya adalah menggunakan irisan lemon. Kandungan vitamin C dan zat tertentu yang dapat mencerahkan, cocok digunakan untuk ketiak Anda gelap.

Potong irisan lemon yang tebal, dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab atau aloevera gel.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni juga cocok untuk mencerahkan kulit ketiak Anda yang gelap. Virgin Coconut Oil (VCO) ini tengah menjadi populer sebagai bahan perawatan tubuh alami.

Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

6. Kentang 

Siapa sangka jenis umbi-umbian ini yang biasa Anda masak, dan sebagai salah satu sumber karbohidrat, ternyata kentang cukup baik untuk perawatan kulit terlebih dapat mencerahkan ketiak

Parut kentang , peras sarinya dari parutan kentang, dan oleskan ke ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini