Olahraga HIIT Dipercaya Cegah Diabetes, Apa Kata Dokter?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 481 2502922 olahraga-hiit-dipercaya-cegah-diabetes-apa-kata-dokter-J8VJzpOIw9.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

DIABETES menjadi ancaman nyata bagi manusia zaman sekarang. Di Indonesia sendiri, menurut data International Diabetes Federation (IDF), kasus diabetes menempati urutan ke-7 dari sepuluh negara penderita diabetes terbanyak di dunia, dengan total kasus 10,7 juta orang.

Bahkan, diprediksi pada 2030, angka kasus diabetes di Indonesia mencapai 13,7 juta orang, dan akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Lifestyle menjadi penyebab terbesar dari masalah ini, termasuk di dalamnya kurang tidur, makan sembarangan, maupun tidak berolahraga.

Ya, olahraga memiliki peran yang cukup berarti dalam upaya pencegahan diabetes. Ini dibuktikan dalam penelitian baru dari University of Turku, Finlandia, yang mengungkapkan bahwa latihan dengan intensitas tinggi (HIIT) dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada oto dan sensitivitas insulin pada diabetes tipe 2.

Olahraga HIIT

"Setelah peserta mengikuti latihan HIIT selama dua minggu, penyerapan glukosa pada otot paha mereka kembali ke tingkat normal. Oleh karena itu, latihan HIIT dianggap menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi dan mencegah diabetes jika dibandingkan dengan olahraga biasa yang membutuhkan lebih banyak waktu tetapi intensitasnya lebih rendah," terang laporan yang diterima MNC Portal, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga : Pengen Otot Kuat dan Terdefinisi? Ayo, Berlatih HIIT!

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Umar Nur Rachman, SpPD, pun menyarankan agar masyarakat tidak malas bergerak dan mau berolahraga untuk cegah diabetes. "Olahraga dengan intensitas tinggi bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes," ujarnya.

Baca Juga : 7 Kesalahan saat Olahraga HIIT, Nomor 1 Paling Sering Dianggap Sepele

Diabetes sendiri disebabkan oleh penumpukan gula dalam darah dan gangguan metabolisme. Nah, dengan berolahraga, yang melibatkan seluruh tubuh, itu dapat membakar kalori lebih cepat dan dapat menurunkan kadar lemak jika dilakukan secara rutin.

"Ya, konsistensi dalam melakukan olahraga itu sangat penting agar otot dapat diperkuat dalam jangka panjang, tetapi tujuan utamanya adalah menurunkan berat badan berlebih dengan lebih aktif bergerak dan memilih makanan yang lebih sehat," tambahnya.

Di sisi lain, selebriti Cut Memey yang rutin berolahraga dengan intensitas tinggi (HIIT), menjelaskan bahwa rutin berolahraga dirasakan betul manfaatnya. "Sejak latihan HIIT, saya merasa lebih sehat. Dulu saya menilai kondisi tubuh yang sehat dari berat badan, hal itu ternyata salah. Sebab, seharusnya dilihat dari lean body mass," katanya.

"Semenjak itu, saya fokus untuk mengurangi jumlah total lemak yang disimpan oleh tubuh dan membangun otot yang lebih kuat dengan olahraga STRONG Nation. Hasilnya, keluhan yang ada di tubuh saya terus berkurang dan saya jadi lebih produktif," tambah Cut Memey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini