Perokok Berisiko 2,5 Kali Lebih Tinggi Meninggal Akibat Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 481 2502988 perokok-berisiko-2-5-kali-lebih-tinggi-meninggal-akibat-covid-19-RKjunyFEvW.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

PENELITIAN menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan merokok masyarakat dengan Covid-19. Orang yang sering merokok, cenderung memiliki potensi lebih tinggi untuk menderita keparahan atau bahkan kematian apabila terinfeksi Covid-19.

Merangkum dari laman Instagram resmi Satuan Tugas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, Rabu (17/11/2021), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengelompokkan seseorang yang masih merokok atau pernah merokok.

Merokok

Baca Juga : Meski Enak, Merokok, Minum Kopi, dan Makan Gorengan Bersamaan Berbahaya bagi Jantung

Orang tersebut dimasukkan ke dalam kelompok orang-orang yang memiliki risiko lebih besar untuk mengalami sakit berat apabila terinfeksi Covid-19. Berdasarkan penelitian oleh Umnuaypornlert pada 2021, perokok memiliki risiko:

1. Kurang lebih memiliki risiko 2,48 kali lebih tinggi mengalami sakit berat apabila terinfeksi Covid-19 dibandingkan non perokok.

2. Kurang lebih 2,58 kali lebih tinggi meninggal akibat Covid-19 dibandingkan non perokok.

Merokok

Baca Juga : Perempuan Merokok Lebih Berisiko Idap Kanker Paru-Paru dibanding Pria Loh

Kondisi ini bisa terjadi karena pengaruh asap rokok yang masuk ke dalam tubuh manusia. Asap rokok yang dihasilkan oleh rokok dapat menurunkan imunitas tubuh, terutama pada imunitas saluran pernapasan.

Selain itu bahan-bahan yang ada di dalam asap rokok terbukti mengganggu proses migrasi berbagai sel-sel imunitas tubuh saat melawan infeksi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini