Sudah Vaksin Covid-19 Terbukti Kurangi 35% Risiko Menularkan Varian Delta ke Orang Lain

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 481 2503003 sudah-vaksin-covid-19-terbukti-kurangi-35-risiko-menularkan-varian-delta-ke-orang-lain-sk5saeWVa5.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

BELUM lama ini beredar kabar menarik dari jurnal kesehatan terbaik Lancet terkait dengan vaksinasi Covid-19. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui efektifitas vaksin Covid-19 dosis lengkap dalam mencegah penularan virus kepada manusia.

Melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Rabu (17/11/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mencoba menjabarkan mengenai temuan baru tersebut melalui video singkat yang diunggahnya. Menurutnya, vaksin Covid-19 terbukti dapat mengurangi risiko penularan Varian Delta kepada orang lain. 

Vaksin Covid-19

"Jurnal tersebut menyatakan bahwa ketika seseorang telah disuntik vaksin 2 dosis dan kita terinfeksi Virus covid-19, maka risiko kita untuk menularkan kepada orang-orang di sekeliling atau di rumah kita itu berkurang 35 persen dibanding kita nggak disuntik vaksin Covid-19," kata dr. Fajri.

Baca Juga : Covid-19 di Eropa Meledak, Dokter Fajri: Karena Banyak yang Belum Vaksin

Selain itu, kemampuan clearance atau pembersihan virus dari tubuh manusia yang terinfeksi juga lebih cepat dibanding dengan orang-orang yang belum divaksin Covid-19. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan di Inggris menggunakan vaksin Pfizer dan AstraZeneca.

Baca Juga : Kasus Positif Meningkat, Laju Vaksinasi Covid-19 Alami Penurunan

Oleh sebab itu dr. Fajri juga mengajak masyarakat ragu divaksin atau belum mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, untuk segera divaksinasi. Sebab vaksin telah terbukti dapat menurunkan risiko penularan Covid-19.

"Oleh sebab itu segeralah divaksin karena udah jelas manfaatnya dan keamanannya," tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini