Alasan Mengapa Harus Tetap Pakai Tabir Surya Walaupun Cuaca Dingin dan Mendung

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 611 2503282 alasan-mengapa-harus-tetap-pakai-tabir-surya-walaupun-cuaca-dingin-dan-mendung-AQUePUT3U8.jpg Pakai tabir surya (Foto: Shutterstock)

TERDAPAT produk pokok dalam perawatan kulit setiap orang yang mendasar yakni tabir surya. Ini membantu Anda melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya & semua masalah kulit yang menyertainya.

Radiasi ini tidak terdeteksi oleh mata manusia dan bertanggung jawab atas banyak masalah kulit seperti terbakar sinar matahari, pigmentasi, warna coklat karena berjemur, hilangnya elastisitas kulit, tanda-tanda awal penuaan, dan kanker kulit.

 tabir surya

Sinar UV adalah bentuk radiasi elektromagnetik yang secara alami berasal dari matahari. Pada spektrum elektromagnetik, sinar UV memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya tampak, sehingga mata kita tidak dapat melihatnya.

Ada tiga jenis sinar UV; UVA (315-400 nm), UVB (280-315 nm), UVC (100-280 nm), dan masing-masing memiliki efek tersendiri pada kulit. Berkat lapisan Ozon kita, sinar UVC (yang merupakan jenis sinar UV yang paling berbahaya) diserap di atmosfer itu sendiri, sehingga tidak mencapai permukaan bumi.

UVB bertanggung jawab untuk sunburns, tanning dan kanker kulit. UVB secara langsung mengganggu DNA kulit, yang memicu eritema matahari dan menginduksi melanogenesis. Oleh karena itu, paparan radiasi UVB yang lama dapat menyebabkan produksi melanin yang berlebihan dan peradangan.

UVA, di sisi lain, membentuk 95% dari sinar UV paling berbahaya yang mencapai bumi dan menembus lebih dalam ke kulit daripada UVB. Mereka membentuk radikal bebas di kulit, yang bereaksi dengan DNA, protein & lipid kulit.

Stres oksidatif pada kulit ini menyebabkan hilangnya elastisitas, penurunan kolagen, kanker kulit & tanda-tanda awal penuaan. Sedangkan tingkat UVB tertinggi pada pukul 10 pagi - 4 sore (tertinggi di musim panas); UVA konstan sepanjang tahun.

Apa yang membuat mereka lebih berbahaya adalah kekuatan penetrasi mereka yang kuat. Sinar UVA dapat dengan mudah menembus melalui jendela kaca dan awan. Akibatnya meski cuaca dingian dan mendung sekalipun, tetap penting bagi Anda untuk memakai tabir surya.

Semua data ini menunjukkan mengapa sangat penting untuk memakai tabir surya spektrum luas bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan, pada hari mendung dan di musim dingin, sebagaimana dipaparkan oleh Mohit Yadav, Co-Founder dan CEO di Minimalis, seperti dilansir dari laman Pinkvilla pada Rabu (17/11/2021).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini