Share

Benarkah Jepang Hentikan Vaksin Covid-19 dan Beralih Gunakan Ivermectin?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 612 2502995 benarkah-jepang-hentikan-vaksin-covid-19-dan-beralih-gunakan-ivermectin-acbkUJIURt.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

BELUM lama ini beredar artikel berisi informasi yang menyebut bahwa Jepang sudah tidak lagi menggunakan vaksin Covid-19. Mereka lebih memilih menggunakan Ivermectin yang dapat menghentikan penyakit Covid-19 dalam waktu semalam.

Tentunya kondisi ini menimbulkan pertanyaan besar. Sebab hampir semua negara di dunia berebut untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Lantas apakah kabar yang beredar tersebut benar, atau hanya hoax belaka?

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (17/11/2021), memastikan bahwa informasi tersebut salah.

Baca Juga : Studi Terbaru Sebut Ivermectin Bisa Sebabkan Kemandulan pada Pria

Faktanya, menurut data Our World in Data, pada 11 November 2021, penggunaan vaksin Covid-19 semakin meningkat sebanyak 70 persen di Jepang. Pemerintah Jepang melalui Kementerian Kesehatan Jepang juga menyebut Ivermectin tidak mengurangi kematian.

Cek Fakta

Baca Juga : CEO Pfizer Ditangkap Usai Palsukan Data Vaksin dan Penyuapan, Benarkah?

Selain itu Ivermectin juga tidak mengurangi pasien rawat inap dan tidak langsung menghilangkan virus. Penggunaan obat Ivermectin di Jepang juga belum diperbolehkan dan masih dilakukan uji klinis.

Oleh sebab itu masyarakat diimbau lebih berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini