Share

Kisah Dokter Bedah Senang Bisa Mengembalikan Kepercayaan Diri Pasien Bibir Sumbing

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 17 November 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 612 2503217 kisah-dokter-bedah-senang-bisa-mengembalikan-kepercayaan-diri-pasien-bibir-sumbing-yYahQZZd4C.jpg Dokter Bedah (Foto: Ist)

SEBAGAI seorang dokter, tentu ikut senang ketika pasien yang ditanganinya sembuh dari kondisi sakit, termasuk pasien yang memerlukan perubahan pada tampilan tubuhnya. Begitu yang dirasakan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Bandung dr Ade Sari Nauli Sitorus, SpBP-RE.

Bercerita pada Okezone, ia senang saat dikabari pasien bibir sumbingnya mendapatkan kepercayaan diri kembali. Menurutnya, itu seperti sesuatu berkat yang luar biasa.

Dokter Bedah 

"Saya pernah terlibat dalam acara bakti sosial di salah satu rumah sakit di daerah Karawang. Di sana saya coba bantu pasien bibir sumbing dewasa dan setelah operasi dilakukan, pasien mengaku kepercayaan dirinya meningkat dan dia bisa berfungsi normal di masyarakat," ungkap dr Ade melalui pesan singkat, Rabu (17/11/2021).

Di momen itu, kata dr Ade, si pasien merasa bibir dan mulutnya jauh lebih baik pasca operasi bedah. Walau tidak sesempurna apa yang diciptakan Tuhan, tapi si pasien mengaku sudah sangat bahagia. "Dari situ saya merasa ilmu dan keahlian saya benar-benar bisa membuat manusia lain merasa bahagia," tambahnya.

Sejak dari situ, dr Ade memutuskan untuk belajar lebih banyak soal bedah plastik, khususnya rekonstruksi estetik yang lebih fokus pada operasi yang sifatnya estetika atau kerapihan atau keindahan. Operasi yang kini lebih banyak ditanganinya berkaitan dengan operasi hidung (Rhinoplasty), operasi payudara (Breast Augmentation), operasi sedot lemak (Liposuction), hingga operasi organ intim (Vaginoplasty, Labiaplasty, dan Hymenoplasty).

Lulusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Universitas Indonesia itu melanjutkan, dalam melakukan bedah plastik, memang bukan hanya soal mengubah bentuk, tetapi bagaimana dokter mengembalikan kepercayaan diri pasien. Ini pun menjadi hal yang penting khususnya di era sekarang.

Ia pun menambahkan bahwa masih banyak orang Indonesia pergi ke luar negeri untuk jalani operasi plastik. "Padahal, ngapain ke luar negeri, di Indonesia saja sudah bisa dilakukan tindakan operasi plastik dengan hasil yang baik," tuturnya.

Bicara soal operasi plastik, dikatakan dr Ade, setiap kasus itu istimewa. Ya, yang namanya operasi plastik, antara satu pasien dengan pasien lain itu berbeda. "Dan di sanalah tantangannya. Seorang dokter bedah plastik mesti bisa menyesuaikan keahliannya dengan setiap kasus. Itu kenapa kasus bedah plastik sifatnya sangat individual," katanya.

Di kesempatan ini juga dr Ade membocorkan operasi plastik apa yang paling banyak dilirik orang Indonesia pada umumnya. Menurut dr Ade, operasi hidung menjadi tindakan yang paling banyak dilakukan.

 Baca juga: Ini Benda Tak Lazim yang Pernah Ditemukan Dokter di Tubuh Pasien

"Ya, operasi hidung atau Rhinoplasty yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Jadi, hidung diubah menjadi lebih proporsional dan tentunya lebih indah dilihatnya. Selain itu, memperbesar payudara, mengencangkan Miss V, dan sedot lemak," tambah dr Ade.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini