Share

Rajin Naik Gunung? Ternyata Ini Loh 5 Manfaatnya bagi Kesehatan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 612 2503307 rajin-naik-gunung-ternyata-ini-loh-5-manfaatnya-bagi-kesehatan-2og4qo2oSD.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

WISATA alam memang menjadi salah satu cara untuk keluar dari kesibukan kita sehari-hari. Alam menawarkan pemandangan yang indah memang bisa membuat kita lebih tenang dan juga merasa lebih damai.

Tidak heran banyak wisatawan memilih untuk naik gunung sebagai destinasi. Gunung memiliki udara yang sejuk dan bersih sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran kita.

Selain itu, ternyata mendaki gunung juga memiliki manfaat di sisi kesehatan lho. Apa saja? Mengutip akun Instagram @ayodolan, berikut adalah 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan.

Membantu menurunkan berat badan

Mendaki gunung dapat membantu tubuh untuk membakar kalori. Jumlah kalori yang terbakar selama pendakian bergantung pada berat badan, jenis kelamin, dan banyaknya gerak yang dilakukan. Oleh karena itu, mendaki dapat menjadi pilihan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Naik Gunung

Meningkatkan kepadatan tulang

Aktivitas yang melibatkan tulang akan membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan memperkuat jaringan di dalamnya. Selain itu, kepadatan tulang yang tinggi penting untuk mencegah patah tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Dengan berjalan kaki, akan memperlambat tingkat dimana tubuh Anda kehilangan kalsium.

Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Saat mendaki gunung, kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari biasanya. Sehingga suplai oksigen dan peredaran darah akan meningkat. Meningkatnya detak jantung akan menambah kebugaran dan daya tahan aerobik. Ditambah udara yang segar tentu akan menambah efek yang bagus bagi tubuh Anda.

Dapat mengurangi tingkat stres pada tubuh

Jika otak telah penat dan stres, tubuh pun akan melemah. Dengan mendaki, ini bisa mengurangi tingkat stres pada otak. Karena bergerak dan mengeluarkan keringat bisa memberi efek rileks pada tubuh sehingga mampu mengurangi stres dan memberikan perasaan bahagia.

Bukan hanya itu saja, pemandangan hijau pada daun juga ternyata mampu membuat pikiran lebih tenang. Begitu juga dengan warna biru langit dan udara gunung yang sejuk bisa membuat Anda lebih nyaman sehingga stres pun berkurang.

Meringankan radang sendi dan membangun otot tubuh

Mungkin sulit bagi yang menderita radang sendi, terutama lutut untuk bisa mendaki gunung. Akan tetapi, diam dan tidak menggerakkan sendi pun hanya akan membuat kondisinya lebih buruk.

Dengan mendaki, dapat membantu memperkuat otot yang lain, mengambil tekanan dari lutut, dan juga akan membangun otot-otot pada tubuh. Otot-otot tersebut diantaranya lengan, punggung, paha, betis, dan pinggul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini