Cek Fakta, Bayi Bermata Satu dan Berekor Lahir Akibat Ibu Divaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 612 2503377 cek-fakta-bayi-bermata-satu-dan-berekor-lahir-akibat-ibu-divaksin-covid-19-JPc0EgnSkf.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

BEREDAR informasi terbaru di media sosial yang memperlihatkan unggahan foto seorang bayi yang terlahir cacat. Bayi tersebut hanya memiliki satu mata dan berekor. Dikatakan bahwa penyebab bayi tersebut cacat karena sang ibu divaksin Covid-19 saat hamil.

Tentunya informasi ini sangat meresahkan dan membuat takut para ibu yang saat ini sedang mengandung. Banyak masyarakat yang mempertanyakan keaslian dari informasi tersebut. Lantas apakah informasi tersebut benar, atau hanya hoax semata?

 ibu divaksin Covid-19

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (17/11/2021), memastikan bahwa informasi yang beredar di sosial media tersebut keliru, atau hoax.

Foto bayi berekor tersebut merupakan hasil kerja editor grafis. Gambar itu dibuat dan diedit oleh fotografer Simon Stone pada 2009 dan terdapat beberapa foto bayi yang lahir cacat sebelum adanya pandemi Covid-19.

 Baca juga: Indonesia Terima 1,2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dari Australia

Selain itu, tidak ada hubungannya antara foto bayi cacat dengan vaksin Covid-19. Oleh sebab itu masyarakat diimbau lebih berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini