Mengenal Balut Makanan Ekstrem dari Filipina, Berani Coba?

Calista Angelina, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 298 2503834 mengenal-balut-makanan-ekstrem-dari-filipina-berani-coba-FImP9x9f5R.jpg Mengenal Balut Makanan Ekstrem dari Filipina (Foto: Thedailymeal)

MENGENAL balut, makanan ekstrem dari Filipina yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Penasaran seperti apa makanan ini? Simak ulasannya yuk!

Makanan aneh tapi nyata muncul dari Filipina yakni Balut. Balut merupakan embrio bebek yang sedang berkembang dan hampir menetas yang direbus hidup-hidup di dalam cangkangnya. Selain terdengar sangat sadis, tampilannya pun tidak menggugah selera.

Dilansir dari Weird Food Wednesday, Balut ini justru merupakan street food Filipina yang terkenal dan biasanya disajikan dengan bir.

Mengenal Balut Makanan Ekstrem dari Filipina

Tren makanan aneh ini juga sudah tidak asing di negara lain. Makanan yang horor ini disebut-sebut sebagai "peningkat libido" atau "afrodisiak". Meningkatkan gairah seksual dari berhasil memakan bayi bebek yang telah direbus hidup-hidup, menggerogoti paruh dan kaki.

Telur Balut ini berasal dari China ribuan tahun yang lalu, tetapi tidak terlihat di luar Asia Tenggara sampai awal 1800-an. Tak hanya itu, telur bebek yang telah dibuahi dibiarkan menua selama 12 hingga 20 hari.

Terkesan sadis namun mirisnya banyak wanita hamil makan telur balut karena dipercaya dapat mendorong kehamilan yang sehat. Semakin muda telur, semakin sedikit perkembangan janin bebek di dalamnya.

Baca Juga : 5 Makanan Teraneh di Dunia, Ikan Basi hingga Telur Perjaka!

Balut juga dikemas dengan vitamin C dan beta karoten, keduanya merupakan antioksidan kuat yang membantu membersihkan radikal bebas dari aliran darah Anda dan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga : Intip Nex Carlos Nyobain Kuliner Ekstrem di Manado, dari Tikus hingga Piton!

Terdapat juga kandungan niasin, riboflavin dan tiamin, yang membantu metabolisme energi Anda. Dengan masing-masing 188 kalori, dengan hanya 14 gram protein dan banyak kalsium, zat besi dan fosfor, telur balut adalah tambahan yang sehat untuk diet petualang.

Cara menyantapnya:

- Ambil telur balut dari air panas dan masukkan satu atau dua ke dalam mangkuk kecil.

- Pecahkan telur dengan ujung sendok seperti yang Anda lakukan untuk mengeluarkan telur setengah matang dari cangkangnya. Jika telur berasal dari bebek yang diberi pakan alami, taburkan sedikit garam. Namun, jika telur balut dibudidayakan secara komersial, taburkan campuran cuka dan minyak cabai.

- Minum kuahnya, makan kuning telurnya lalu makan janin bebeknya.

- Jika dibiarkan berumur tidak lebih dari 17 hari, tidak ada tulangnya maka terasa seperti ayam dan tekstur yang mendekati brick cream cheese atau tahu.

- Telur yang sudah berumur lebih lama mungkin memiliki paruh, tulang, dan bulu yang semuanya bisa dimakan. Buang cangkang dan albumen putih yang mungkin tertinggal di dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini