Para Peneliti Jepang Sebut MSG Bisa Jadi Strategi Diet

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503496 para-peneliti-jepang-sebut-msg-bisa-jadi-strategi-diet-d3ot8IKFTs.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PENAMBAHAN bumbu umami sangat tepat diterapkan bagi Anda yang sedang diet garam. Apa keuntungannya?

Pakar Gizi Khoirul Anwar, SGz, MSi menuturkan, MSG dapat ditambahkan sebagai bumbu masakan untuk yang diet garam. Ada banyak kreasi menu makanan sehat yang cocok disantap bagi Anda yang mengurangi konsumsi asupan garam.

“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan bumbu umami seperti MSG adalah solusinya," ujarnya lewat keterangan tertulis.

 Garam

Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta itu juga menjelaskan bahwa sangat penting seseorang untuk melakukan diet garam. Sebab cara ini bisa mengurangi risiko berbagai penyakit degeneratif.

Ya, seperti dianjurkan Kementerian Kesehatan RI, mengurangi asupan gura, garam dan lemak (GGL) bisa mencegah timbulnya penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi.

Khoirul menuturkan bahwa sudah ada banyak penelitian tentang MSG di luar negeri. "Banyak penelitian seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam."

"Kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Chef Wisnu dari Horeka Dept Ajinomoto Indonesia menjelaskan, penggunaan bumbu umami sering ditambahkan pada menu makanan Jepang. Misalnya Beef Blackpepper Dosirak & Oishi Niku Curry Udon.

Chef Wisnu mengatakan bahwa kreasi makanan ini sangat sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Kedua menu tersebut dipilih sesuai dengan maraknya Asian

Cuisine di Indonesia.

"Dalam satu menu, turut menyertakan sumber protein dari lauk hewani dan nabati. Serta sumber vitamin dan mineral juga tersedia dari sayur mayur dan buah-buahan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini