8 Cara Obati Sakit Asam Urat pada Kaki, Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503574 8-cara-obati-sakit-asam-urat-pada-kaki-mudah-dilakukan-sendiri-di-rumah-dfEvCvqVxW.jpg Ilustrasi serangan penyakit asam urat pada kaki. (Foto: Javi Indy/Freepik)

ASAM urat bisa diderita siapa saja. Penyakit ini dikenal sebagai salah satu yang menimbulkan rasa sangat sakit ketika kambuh.

Penyakit asam urat biasanya tidak memberikan gejala-gejala dan kerap muncul secara tiba-tiba. Berdasarkan laporan National Kidney Foundation, penderita asam urat terus meningkat dan memengaruhi lebih dari 8 juta orang dewasa di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Kadar Asam Urat yang Tinggi Jadi Risiko Timbulnya Batu Ginjal 

Sebagaimana diketahui, beberapa makanan memiliki bahan kimia yang terurai di dalam tubuh. Bahan tersebut membentuk sesuatu yang disebut asam urat. Ketika tubuh membangun kelebihan kadar asam urat dalam darah, maka menghasilkan bentuk radang sendi yang disebut asam urat.

Dirangkum dari laman Great Lakes Foot and Angkle Institute, Kamis (18/11/2021), penyakit asam urat biasanya memengaruhi persendian pada kaki, terutama area jempol. Kondisi ini akan terasa sangat menyakitkan.

Ilustrasi serangan penyakit asam urat pada kaki. (Foto: Imgkid)

Meski demikian, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat, tidak perlu khawatir, sebab rasa sakit akibat penyakit ini bisa diminimalisasi.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu meringankan rasa sakit asam urat, mendorong fungsi ginjal, dan menurunkan kadar asam urat. Berikut ini delapan di antaranya:

Baca juga: 10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Waspadai Produk Olahan! 

1. Tingkatkan asupan cairan dalam tubuh, terutama air putih.

2. Jangan menahan keinginan buang air kecil.

3. Istirahat, angkat, dan kompres dengan es persendian yang sakit.

4. Konsumsi obat nyeri anti-inflamasi seperti ibuprofen atau naproxen.

5. Gunakan rendaman garam epsom.

6. Minum obat yang diresepkan untuk menurunkan kadar asam urat.

7. Konsumsi makanan dan suplemen yang menurunkan asam urat, seperti magnesium, ceri asam, jahe, dan seledri.

8. Jauhi alkohol, kerang, dan daging merah yang menyebabkan tubuh membuat asam urat.

Biasanya rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan serangan asam urat dapat berlangsung selama 5–10 hari. Selama 2–3 hari pertama menjadi waktu yang terburuk, sehingga penting mengetahui informasi yang membantu menghindari rasa sakit akibat asam urat.

Jika serangan asam urat sangat menyakitkan sehingga seseorang mengalami kesulitan untuk tetap produktif, silakan datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Beberapa pilihan pengobatan yang biasanya ditawarkan antara lain:

Baca juga: 6 Gejala Asam Urat pada Kaki, Salah Satunya Timbul Benjolan Keras 

1. Suntikan atau pil kortikosteroid.

2. Obat anti-inflamasi.

3. Konseling nutrisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini