8 Minuman untuk Ibu Menyusui, Penting bagi ASI Lho!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503766 8-minuman-untuk-ibu-menyusui-penting-bagi-asi-lho-fLsdHnmq1O.jpg 8 Minuman untuk Ibu Menyusui (Foto: Boldsky)

8 MINUMAN untuk ibu menyusui penting dalam menjaganya tetap sehat. Untuk menjaga suplai ASI, penting untuk tetap terhidrasi karena menyusui membuat ibu benar-benar haus. Artinya ibu menyusui harus menyesap sesuatu hampir sepanjang hari.

Dan meskipun air murni adalah yang terbaik, itu bisa menjadi sedikit membosankan. Karenanya, Anda membutuhkan variasi minuman lain untuk melepaskan dahaga ketika menyusui.

Nah, melansir laman Mom 365 pada Kamis (18/11/2021), berikut adalah beberapa rekomendasi minuman yang dapat Anda konsumsi selama menyusui.

Air mineral

8 Minuman untuk Ibu Menyusui

(8 Minuman untuk Ibu Menyusui, Foto: Boldsky)

Menurut Mayo Clinic, Anda disarankan untuk minum lebih banyak air daripada biasanya saat menyusui. Rata-rata dianjurkan agar kita minum 8 gelas air setiap hari untuk menjaga fungsi rutin.

Tubuh memproses lebih banyak air saat Anda menyusui sehingga mereka merekomendasikan minum mendekati 13 gelas, atau 3,1 liter, setiap hari.

Baca Juga : Banyak Mengandung Glutamat, Ibu Menyusui Harus Atur Pola Makan

Infused water

Kami tahu, air bisa membosankan karena tidak benar-benar memiliki rasa. Karenanya, coba masukkan air Anda untuk memberikan rasa ekstra yang Anda cari. Infused water akan memuaskan keinginan Anda akan minuman manis tanpa menambahkan gula ekstra ke dalam diet Anda.

Cukup isi kendi ke atas dengan sekitar 1/3 buah dan 2/3 es, lalu isi ke atas dengan air. Mentimun dan melon, stroberi dan semangka, raspberry dan lemon, kemungkinannya tidak terbatas. Untuk mempercepat prosesnya, aduk teko, jika tidak, biarkan di lemari es semalaman.

Baca Juga : Ini Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui

Seltzer

Apakah Anda ingin minuman bersoda tanpa kafein, gula, atau pemanis buatan dalam soda? Seltzer adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan minuman bergelembung bebas kafein tanpa aditif apa pun.

Seltzer dapat ditemukan dalam rasa biasa, atau bahkan dengan rasa mewah seperti cranberry-lime atau delima. Periksa toko lokal Anda untuk melihat rasa apa yang mereka miliki, atau buat sebotol seltzer infus menggunakan resep yang baru saja kami berikan kepada Anda.

Teh herbal

Teh herbal bisa menenangkan dan lezat. Anda perlu mengetahui herbal mana yang ada dalam teh Anda karena beberapa herbal digunakan secara medis untuk mengurangi suplai saat penyapihan (peppermint dan lemon balm untuk beberapa nama), dan yang lainnya seperti kava-kava dan ginseng dapat berbahaya bagi ibu dan ibu.

Susu almond

8 Minuman untuk Ibu Menyusui

(8 Minuman untuk Ibu Menyusui, Foto: Boldsky)

Banyak bayi yang tampak rewel sebenarnya bereaksi terhadap susu yang telah dimakan ibunya. Menurut kellymom.com, susu adalah penyebab nomor 1 masalah dengan bayi yang menyusui. Jika Anda ingin atau perlu memotong produk susu tetapi tetap menginginkan susu, susu almond adalah alternatif yang bagus.

Susu almond sudah tersedia di sebagian besar toko kelontong dan tersedia dalam rasa manis, tanpa pemanis, vanila, dan madu. Dengan rasa yang lebih manis dan lebih lembut daripada susu kedelai, ini adalah transisi yang lebih mudah dilakukan bagi banyak ibu meskipun begitu Anda mencicipinya, Anda mungkin meminumnya hanya karena rasanya sangat enak.

Anda juga dapat membuatnya sendiri hanya dengan almond, air, dan blender berkecepatan tinggi seperti Vitamix dan hemat bahan tambahan apa pun.

Jus buah

Anda tidak ingin berlebihan dengan jus buah, tetapi segelas sehari adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda. Pilih minuman jus 100% untuk menghindari gula ekstra atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Lebih baik lagi, dapatkan juicer dan buat jus sehat Anda sendiri. La Leche League mencantumkan jeruk sebagai sensitivitas umum untuk menyusui bayi, jadi jika Anda menginginkan jus jeruk atau limun, perhatikan reaksi bayi Anda setelahnya.

Jus sayuran

Campuran jus sayuran dapat membantu Anda mendapatkan beberapa vitamin tambahan dalam diet Anda dengan sedikit usaha. Periksa kandungan natrium pada jus Anda sebelum Anda meminumnya terlalu banyak dalam sekali minum, tetapi nikmatilah sebagai bagian yang lezat dari asupan cairan harian Anda.

Jika Anda memiliki juicer sendiri, WebMD menyarankan untuk menambahkan ampas ke dalam campuran muffin atau kaldu agar Anda tidak kehilangan serat.

Bir

Pernahkah Anda mendengar bahwa minum bir adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pasokan Anda? Ternyata itu adalah kisah seorang istri tua.

Sementara minum alkohol dalam jumlah sedang mungkin aman untuk bayi menyusui (menurut beberapa penelitian), namun masih belum diketahui dan dapat memiliki efek dehidrasi pada ibu. Minum alkohol sebenarnya dapat mengurangi suplai Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini