Tips Mencegah Penularan Covid-19 di Ruangan Tertutup

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 23:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503853 tips-mencegah-penularan-covid-19-di-ruangan-tertutup-GMf40JHHpn.jpg Ruangan tertutip (Foto: Insurance journal)

KASUS Covid-19 di Indonesia memang sudah menunjukkan tren penurunan yang signifikan sejak beberapa bulan terakhir. Meski demikian, masyarakat diimbau tetap melakukan antisipasi penularan Covid-19 khususnya di ruangan tertutup.

Sebagaimana diketahui, risiko penyebaran Covid-19 meningkat ketika seseorang beraktivitas di dalam ruangan. Tentunya kondisi inilah yang wajib dipahami dan dicegah sejak dini.

 ruangan tertutup

Terlebih saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) maupun WFO sudah dilakukan secara bertahap. Dengan melakukan pencegahan sejak dini, maka risiko untuk terciptanya klaster sekolah maupun klaster perkantoran dapat diminimalisir.

Merangkum dari laman resmi Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Kamis (18/11/2021), berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penularan Covid-19 di dalam ruangan.

 Baca juga: Cek Fakta, Bayi Bermata Satu dan Berekor Lahir Akibat Ibu Divaksin Covid-19

1. Gunakan ventilasi alami dengan cara membuka jendela atau pintu.

2. Usahakan ruangan mendapatkan sinar matahari.

3. Gunakan Air Purifier dengan HEPA Filter.

4. Ruangan dengan exhaust fan punya siklus pergantian udara lebih baik.

5. Ganti filter pendingin ruangan (AC) secara rutin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini