Mobilitas Masyarakat Terus Meningkat, Prof Wiku: Perlu Dikendalikan!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503937 mobilitas-masyarakat-terus-meningkat-prof-wiku-perlu-dikendalikan-67mGcghMMC.jpg Mobilitas masyarakat meningkat (Foto: Pxfuel)

JURU Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menegaskan, saat ini mobilitas masyarakat Indonesia terus mengalami peningkatan dibandingkan dengan lonjakan kasus kedua Covid-19 pada Juli 2021.

Sebagaimana diketahui tingginya mobilitas masyarakat, berpotensi memunculkan risiko penularan Covid-19. Terlebih saat ini masyarakat akan menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru dimana mobilitas dipastikan akan jauh lebih meningkat.

 pandemi Covid-19

Peningkatan mobilitas terjadi sekiranya pada lima titik sektor, yaitu pusat belanja/retail dan rekreasi, ruang terbuka publik atau taman, perkantoran dan lokasi transit.

"Peningkatan mobilitas masyarakat saat ini hampir sama dengan periode Idul Fitri 2021 lalu yang menjadi kenaikan mobilitas tertinggi sepanjang pandemi Covid-19," terang Prof. Wiku dalam sesi jumpa pers yang disiarkan di channel YouTube, Sekertariat Presiden, Kamis (18/11/2021).

Peningkatan mobilitas ini perlu diwaspadai, karena pada periode libur Idul Fitri 2021, dengan mobilitas yang tinggi tersebut menjadi salah satu pemicu lonjakan kasus kedua. Selain itu beberapa libur panjang sebelumnya juga selalu menimbulkan lonjakan kasus Covid-19.

"Keadaan ini perlu untuk dikendalikan agar tidak memicu kasus ke depannya. Dengan cara dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian serta mengurangi mobilitas yang tidak diperlukan. Selain itu mobilitas yang tinggi ini perlu dibarengi dengan skrining Covid-19 yang jelas," lanjutnya.

 Baca juga: Penjelasan Pakar Soal Varian Delta Sebabkan Ledakan Kasus di Singapura

Beberapa cara untuk meningkatkan skrining Covid-19 adalah dengan memasifkan testing, juga dengan melaksanana protokol kesehatan (prokes) dengan baik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini