Kenapa Ada PCR yang Hasilnya Keluar Cepat, dan Keluar Lama?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2503982 kenapa-ada-pcr-yang-hasilnya-keluar-cepat-dan-keluar-lama-DhA7FKMwIA.jpg Tes PCR (Foto: Reuters)

MASYARAKAT masih terus mempertanyakan proses tes PCR Covid-19. Ya, bukan hanya soal harga, tetapi proses tes itu sendiri, termasuk pertanyaan 'kenapa ada PCR yang hasilnya keluar cepat, kenapa ada yang keluar lama?'.

Terkait pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Patologi Klinik dr Basti Andiyono, SpPK(K) buka suara. Menurutnya, itu berkaitan dengan ketersediaan alat di fasilitas kesehatan dan soal kecanggihan alat.

 Tes PCR

"Jadi, ada dua alasan mengenai pertanyaan kenapa hasil PCR bisa keluar cepat dan lama. Alasan pertama adalah karena ketersediaan alat yang banyak di faskes," paparnya dalam Live Instagram Okezone Stories, Kamis (18/11/2021).

Untuk mempermudah logika masyarakat awam, dr Basti menganalogikan pernyataan di atas dengan restoran besar, punya banyak orderan, dan kompor, serta koki yang banyak. Dengan kondisi tersebut, ia melanjutkan, orderan pelanggan akan cepat sampai ke meja.

"Nah, beda dengan restoran yang pelanggannya banyak tapi kokinya sedikit, kompornya sedikit, ya, pasti orderan sampai ke meja pelanggan pun lama. Itu juga yang terjadi pada tes PCR di rumah sakit atau klinik pemeriksaan tes Covid-19," kata dr Basti.

Alasan kedua, sambungnya, itu berkaitan dengan kecanggihan alat PCR yang dimiliki rumah sakit dalam menguji sampel. "Ada alat pengujian sampel yang mengeluarkan hasilnya satu jam. Jadi, alatnya menyatukan proses ekstasi sampel dengan pengujian PCR. Itu kenapa alat ini pun harganya mahal dan tidak semua rumah sakit punya," ujarnya.

Dokter Basti menambahkan, pemeriksaan PCR dengan durasi cepat sangat diperlukan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya pasien yang memerlukan tindakan operasi segera maupun ibu yang mau melahirkan.

 Baca juga: Dokter Fajri: PCR Boleh Murah Tapi Jangan Murahan

"Ya, masa ibu hamil yang bahkan sudah kontraksi, harus menunggu hasil tes PCR sehari berikutnya sedangkan dia tergolong pasien yang memerlukan tindakan segera. Di sini tes PCR yang hasilnya keluar cepat sangat diperlukan," tambah dr Basti.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini