Sampel Tes PCR Paling Baik di Hidung Bagian Belakang, Ini Alasannya

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 481 2504001 sampel-tes-pcr-paling-baik-di-hidung-bagian-belakang-ini-alasannya-WXWJC65o96.jpg Tes PCR (Foto: Euractive)

BANYAK orang melakukan tes PCR untuk mengetahui apakah terdeteksi positif atau negatif virus Corona (SARS-CoV-2). Ada pun cara mengetahuinya tentu harus melakukan beberapa langkah yaitu mencolokkan sebuah alat seperti cotton bud yang berukuran cukup besa rdi lubang hidung dan tenggorokan.

"Lebih baik kalau untuk Covid, mengambil sampel di hidung bagian belakang makanya agak nyeri sedikit ya jadi istilahnya itu nasofaring. Jadi kita ngambil ke dinding tenggorokan yang bagian ada di belakang," ujar dr Basti Andriyoko, SpPK(K) dalam live Instagram Okezone pada Kamis (18/11/2021)

 Tes PCR

Setelah melakukan swab Antigen atau PCR dengan mencolokkan alat serupa cotton bud yang ukurannya lebih panjang tersebut. Menurut dokter Basti akan dimasukkan ke dalam wadah yang namanya transport media, di mana proses ekstraksi pencampuran bahan cair kimia yang akan menangkap mana virus Covid 19.

Setelah itu akan diproses dengan alat lanjutan PCR yang untuk membaca hasil dari swab Antigen atau PCR. "Tahap kedua ekstraksi adalah pembacaan hasil dan pelaporan cuman sekedar ditinggalin gitu aja gitu ya dah ada proses yang dilakukan di laboratorium sampai akhirnya hasilnya keluar," jelas Dokter Basti.

 Baca juga: Terkait Harga Tes PCR Rp10 Ribu, Ini Tanggapan Kemenkes

Sekadar informasi, proses melakukan swab Antigen dengan PCR tentu berbeda, bukan hanya prosesnya. Namun, pemahaman soal Antigen dan PCR juga berbeda dari jumlah virus atau sensitivitasnya untuk mendeteksi jumlah virus yang ada di saluran pernafasan yakni hidung dan tenggorokan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini