5 Cara Ampuh Bersihkan Komedo di Wajah, Mulus Lagi!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 611 2503925 5-cara-ampuh-bersihkan-komedo-di-wajah-mulus-lagi-JRrUdV3e1J.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAIN jerawat, komedo menjadi masalah kulit wajah yang menggangu penampilan bagi sebagian orang. Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) dari kelenjar kulit Anda.

Komedo tidak bisa hilang selamanya. Anda harus rutin menjaga kebersihan wajah dan menjaga gaya hidup agar komedo yang muncul tidak mengganggu penampilan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komedo hitam dan putih di wajah yang dirangkum dari prostatecancer, Kamis (18/11/2021). 

1. Gunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat

Cuci Muka

Produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dapat membersihkan komedo hitam maupun putih karena dapat menghilangkan minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori di wajah.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya di malam hari saja dan kemudian menggunakan pembersih biasa Anda di pagi hari. Saat kulit Anda sudah terbiasa dengan produk, Anda dapat memilih untuk menggunakannya di pagi dan malam hari.

Bagi sebagian orang sensitif terhadap kandungan asam salisilat. Oleh sebab itu, Anda cukup menggunakan asam salisilat cukup satu kali dalam sehari. Jika kulit Anda sangat sensitif, maka sebaiknya hentikan penggunaan.

Baca Juga : Kenali 3 Penyebab Wajah Mudah Terpapar Komedo

2. Lakukan eksfoliasi dengan lembut menggunakan AHA dan BHA

Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah atau di klinik kecantikan.

Eksfoliasi kulit dilakukan untuk membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru tumbuh. Proses eksfoliasi juga dapat menghilangkan komedo pada wajah.

Daripada mencari scrub yang keras, Anda sebaiknya fokus pada asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum, dan asam salisilat adalah BHA yang menonjol.

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati di wajah. Selain itu, AHA dan BHA juga dapat memperbaiki munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, sambil membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda lebih lembut.

Baca Juga : Tips Hilangkan Komedo dengan 3 Bahan Alami

3. Hapus Makeup Sebelum Tidur

Menghapus makeup sebelum tidur memang terlihat sebagai hal yang sederhana, namun tidak sedikit kaum wanita yang luput untuk melakukannya. Mungkin, sudah beraktivitas seharian membuat badan lelah dan malas untuk membersihkan makeup, tetapi hal tersebut malah justru mengundang munculnya berbagai masalah kulit wajah termasuk salah satunya komedo.

Tidur dengan riasan wajah dapat menimbulkan lebih banyak komedo. Jika dibiarkan semalaman, bahkan riasan noncomedogenic dapat menyumbat pori-pori Anda.

Mereka yang memiliki kulit berminyak mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan pembersih wajah yang berbahan air atau micellar water. Penghilang riasan juga dapat digunakan sebelum mencuci muka untuk daya pembersihan ekstra.

4. Jangan memencet Komedo

Komedo

Bagi sebagian orang mungkin tergoda untuk menghilangkan komedo dengan cara memencetnya. Namun, hal tersebut malah justru berbahaya dan dapat menimbulkan masalah baru pada kulit wajah Anda.

Komedo yang sering dipencet-pencet dapat meradang dan terinfeksi menyebabkan munculnya jerawat yang meradang, bengkak dan kemerahan pada kulit, hingga dapat menimbulkan bopeng atau bekas luka.

Bengkak yang muncul di hidung anda tersebut harus dilihat terlebih dahulu apakah bengkak terjadi karena reaksi peradangan ringan saja akibat dipencet-pencet, atau terjadi infeksi di bawah kulit anda.

Bila bengkak terjadi karena reaksi peradangan saja tanpa infeksi, maka kondisi tersebut dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Anda dapat membantu dengan mengompres bengkak dengan kompres dingin untuk membantu mengurangi peradangan tersebut.

5. Gunakan Clay Mask

Dikenal dapat mengontrol minyak berlebih di wajah, clay mask ini juga sekaligus bisa hindarkan jerawat membandel di wajah, lho! Faktor utama timbulnya jerawat di wajah adalah adanya kandungan minyak berlebih di wajah.

Untuk itu, disarankan untuk kamu menggunakan clay mask ini secara rutin di malam hari. Kamu bisa campurkan clay mask dengan air hangat untuk mengangkat kotoran dan minyak lebih ampuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini