5 Tips agar Tak Takut Divaksin Covid-19

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504077 5-tips-agar-tak-takut-divaksin-covid-19-pFAaJWjHrs.jpg Ilustrasi. (Foto: MPI)

WALAU sudah banyak stok vaksin Covid-19 dengan berbagai merek, ternyata hingga kini cakupan vaksinasi Covid-19 belum maksimal. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengoptimalkan cakupan vaksinasi agar semua masyarakat terlindungi dari Covid-19.

Data per tanggal 12 Oktober 2021 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan jumlah penduduk Indonesia yang mendapat vaksin dosis 1 baru mencapai 48,6% dan 28,04% untuk vaksin dosis 2. Persentase itu belum mencapai persentase yang diperlukan untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Dalam situs Infeksi Emerging Kemenkes RI dinyatakan bahwa “Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.”

Head of Medical Management Good Doctor dr Adhiatma Gunawan mengatakan, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk melindungi diri pribadi dan orang-orang di sekitar kita dari Covid-19.

"Semakin banyak yang divaksinasi semakin cepat negeri ini pulih," ujarnya lewat keterangan tertulis.

Baca Juga: WHO Temukan 4 Hasil Mengejutkan Akibat Efek Resistansi Antimikroba

 vaksin

Ya, bagi Anda yang belum vaksin, sebaiknya pikirkan untuk segera pergi ke sentra vaksinasi. Beragam merek vaksin Covid-19 yang tersedia dan telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekarang, tinggal kemauan diri sendiri untuk divaksin," tambahnya.

Apabila masih enggan untuk divaksin karena takut terhadap jarum suntik (trypanophobia) atau karena kekhawatiran akan efek samping vaksin, dr Adhiatma membagikan lima tips berikut ini.

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

2. Persiapkan mental

3. Ceritakan kekhawatiranmu dengan orang yang Anda percayai

4. Alihkan perhatian

5. Ingat, manfaat vaksin lebih besar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini