Hampir 100 Anak Harus Divaksin Covid-19 Ulang, Ini Penyebabnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504327 hampir-100-anak-harus-divaksin-covid-19-ulang-ini-penyebabnya-w9LvlRD1bn.jpg Anak divaksin Covid-19 (Foto: Newsweek)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 terkadang berjalan tak sesuai harapan. Kali ini menimpa hampir 100 orang anak di satu sekolah dasar di Maryland, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Newsweek, Jumat (19/11/2021) sebanyak 98 siswa sekolah dasar South Lake Elementary School yang berlokasi di Montgomery Village, Maryland, diketahui menerima vaksin Covid-19 jenis Pfizer yang terlalu encer. Akibatnya, vaksinasi ulang harus dilakukan kepada anak-anak tersebut.

 Vaksin Covid-19

Para orang tua dari 98 murid diberi tahu bahwa anak mereka telah menerima jumlah vaksin Pfizer yang salah di klinik vaksinasi berbasis sekolah. Pengumuman tersebut baru muncul sekitar satu pekan, pasca anak-anak sudah selesai divaksinasi. Sekolah berencana kembali membuka klinik untuk memvaksinasi ulang anak-anak tersebut. Pihak berwenang setempat pun meminta maaf atas adanya kejadian eror ini.

"Kami mohon maaf atas kesalahan tersebut dan kami menawarkan kesempatan lain bagi anak-anak untuk divaksinasi ulang. Staf telah menerima pelatihan tambahan untuk menyusun kembali dan memberikan dosis pediatric," penyataan dari Dr. James Bridgers, penjabat petugas kesehatan Montgomery County.

Pejabat Montgomery County mengatakan bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan setempat, baru tahu kalau anak-anak murid sekolah tersebut mendapatkan dosis vaksin yang berlebihan, tiga hari setelah vaksinasi diadakan.

Sesuai dengan anjuran CDC, bagi orang yang menerima dosis vaksin yang lebih rendah dari yang direkomendasikan, disarankan untuk segera melakukan vaksinasi ulang agar mendapatkan dosis berulang. Pfizer dan Departemen Kesehatan Maryland diketahui juga merekomendasikan 98 anak murid tersebut menerima dosis tambahan sesegera mungkin.

 Baca juga: 5 Tips agar Tak Takut Divaksin Covid-19

Sebagai informasi sejak akhir Oktober 2021, Food and Drug Administration (FDA) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada akhir Oktober, telah mengeluarkan izin vaksin Covid-19 dari Pfizer untuk digunakan pada anak-anak antara usia 5 dan 11. Vaksin ini diberikan dalam bentuk dua dosis suntikan, tetapi dilakukan dengan dosis yang lebih rendah daripada yang diberikan kepada orang yang berusia di atas 12 tahun.

Sejauh ini, dari keterangan Mary Anderson, petugas informasi publik Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Montgomery County, belum ada catatan data informasi jelas berapa banyak orang tua yang sudah membuat janji agar anak mereka bisa divaksinasi ulang di klinik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini