Pentingnya Vaksinasi Flu Guna Cegah Koinfeksi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504425 pentingnya-vaksinasi-flu-guna-cegah-koinfeksi-covid-19-shFMYXgFmo.jpg Vaksin Flu (Foto: The scientist)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) bersama dengan Indonesia Influenza Foundation (IIF) dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) memberikan edukasi mengenai pentingnya vaksinasi flu. Apalagi vaksinasi flu penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Hingga saat ini masih belum banyak orang yang memahami bahwa flu yang umum terjadi dapat mengakibatkan komplikasi serius, terutama pada kelompok rentan.

 pandemi Covid-19

Sebagaimana diketahui, penyakit flu merupakan penyakit infeksi saluran napas yang disebabkan virus influenza. Penyakit ini bersifat sangat menular, dan dapat mengenai semua kelompok umur, dan dapat mengakibatkan komplikasi serius. Terutama pada orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh dan kelompok berisiko tinggi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid mengatakan, saat ini kasus Covid-19 sudah menurun seiring meningkatnya cakupan vaksinasi.

"Namun, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter. Ini dilakukan demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya seperti influenza," kata Siti Nadia, dalam virtual media briefing, Jumat (19/11/2021).

Siti Nadia menambahkan, selain dapat melindungi diri dari risiko flu, vaksinasi ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya koinfeksi dengan Covid-19. Pasalnya banyak penyintas Covid-19 yang mengalami keparahan penyakit akibat mengalami koinfeksi.

 Baca juga: 4,8 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Hari Ini

"Terlebih lagi, vaksinasi flu dinilai penting untuk mencegah timbulnya koinfeksi dengan infeksi virus Covid-19 yang dapat mengakibatkan komplikasi serius. Selain itu, pemberian vaksin flu dan vaksin Covid-19 dapat ditoleransi dengan baik sesuai prosedur vaksinasi," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini