Terungkap Alasan Tulisan Dokter Seperti Ceker Ayam

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504524 terungkap-alasan-tulisan-dokter-seperti-ceker-ayam-VXrlGuGRzj.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TULISAN dokter cenderung dikenal sulit dibaca seperti ceker ayam. Terungkap alasannya dari sang ahli.

Hermawan menjelaskan alasan kenapa resep dokter sulit dibaca masyarakat awam. Ternyata seorang tenaga kesehatan, salah satunya dokter, kecepatan berpikirnya tidak mampu diikuti dengan kemampuan jarinya.

"Dokter kadang-kadang punya volume layanan cepat. Sehingga kecepatan berpikirnya tidak mampu diikuti dengan jari jemarinya," ujarnya dalam webinar bersama Kalbe Farma.

Meskipun sulit terbaca oleh masyarakat awam, apoteker masih bisa membaca atau menerjemahkan resep itu. Jadi Anda tak perlu khawatir salah diberi obat setelah berkonsultasi.

Baca Juga: Istri CEO Pfizer Dikabarkan Meninggal Akibat Vaksin Covid-19, Ini Fakta Sebenarnya!

 

"Buat para nakes ada konektivitas dan validasi, begitu mendapatkan resep apakah benar yang dimaksud, apakah produk ini, obat ini atau bahan ini, smua divalidasi apoteker.

Setelah itu, apoteker juga harus edukasi pasien. Kapan obat dikonsumsi, seberapa banyak dosisnya dan ini diulang sampai pasien paham.

"Pasien juga boleh konfirmasi berkali-kali, setelah itu baru boleh meninggalkan ruang farmasi," tambahnya.

Di sisi lain, telemedicine yang kian berkembang, membuat kebiasaan berobat secara konvensional mulai beralih ke digital. Dokter kini bisa menganamnesa pasien sampai memberi obat secara digital.

"Ini menjadi terobosan, sekarang ini dokter yang bisa melakukan pengobatan direct secara offline, sekarang ini melalui audiovisual. Tatalaksana pengobatan pasien sesuai diagnostik, peresepan obat, hingga terbitnya surat rujukan jika diperlukan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini