5 Cara Mudah untuk Jaga Ginjal Tetap Sehat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 02:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504572 5-cara-mudah-untuk-jaga-ginjal-tetap-sehat-Xp4e4GhLEe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TUBUH kita memang terkadang menelan bahan-bahan berbahaya yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Tapi, selama racun tersebut tidak melampaui batas wajar, maka racun tersebut masih bisa dinetralisir oleh ginjal.

Tidak hanya racun tapi juga sisa metabolisme, garam dari dalam tubuh dan mengatur kadar pH, garam, serta kalium. Ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot. Nah, berikut 5 tips untuk menjaga kesehatan ginjal Anda seperti dilansir dari Healthline:

Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, juga dapat mengurangi tekanan darah Anda dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Kurangi konsumsi makanan gula berlebih

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah gula yang sangat tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

Ginjal

Banyak minum air putih

Minum 8 gelas sehari terdengar klise namun sebenarnya penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga dapat membantu ginjal tetap dalam kondisi sehat.

Stop Merokok

Merokok menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, itu akan membutuhkan bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

Pantau berat badan

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Baca Selengkapnya: Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Ginjal Tetap Sehat

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini