6 Gejala Radang Usus, Penyakit yang Dialami Anya Geraldine

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 481 2504576 6-gejala-radang-usus-penyakit-yang-dialami-anya-geraldine-VZg5XNJMwh.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

KABAR kurang baik datang dari Anya Geraldine. Pemilik nama Nur Amalina Hayati tersebut terbaring di rumah sakit karena menderita radang usus.

Sebagaimana dilansir Mayo Clinic, Jumat (19/11/2021), inflamasi usus biasa disebut juga dengan penyakit radang usus/Inflammatory Bowel Disease (IBD).

Anya Geraldine

Baca Juga : Anya Geraldine Sakit Radang Usus Sampai Dirawat, Kenali Penyebab Penyakitnya!

Penyakit radang usus tergantung pada tingkat keparahan peradangan dan di lokasi mana peradangan itu terjadi. Gejala dapat terjadi mulai dari ringan hingga berat. Terdapat dua jenis IBD, diantaranya:

1. Kolitis ulseratif

Kondisi ini melibatkan peradangan dan luka (ulkus) di sepanjang lapisan superfisial usus besar dan rektum.

2. Penyakit Crohn

Jenis IBD ini ditandai dengan peradangan pada lapisan saluran pencernaan. Penyakit ini seringkali terjadi pada lapisan saluran pencernaan yang lebih dalam.

Baca Juga : Anya Geraldine Operasi Radang Usus, Sosok sang Pacar Curi Perhatian

Adapun tanda-tanda dan gejala yang umum dialami pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa meliputi:

1. Diare

2. Kelelahan

3. Sakit perut dan kram

4. Darah di tinja

5. Nafsu makan berkurang

6. Penurunan berat badan

Hingga saat ini penyebab pasti IBD masih belum diketahui. Sebelumnya, pola makan dan stres dicurigai sebagai pemicunya. Namun diketahui, faktor-faktor ini memang dapat memperburuk IBD tetapi bukan itu penyebab utamanya.

Salah satu penyebabnya utamanya adalah kerusakan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh mencoba melawan virus atau bakteri yang menyerang, respons kekebalan yang abnormal menyebabkan sistem kekebalan menyerang sel-sel di saluran pencernaan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini