Share

Mau Tes Antigen Sendiri? Yuk Ikuti Petunjuk Dokter Patologi Ini

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 19 November 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 612 2504282 mau-tes-antigen-sendiri-yuk-ikuti-petunjuk-dokter-patologi-ini-SSVIctspqq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ALAT tes antigen Covid-19 memang sudah banyak beredar dan dijual seperti di toko online, sehingga memudahkan orang-orang untuk melakukan tes mandiri di rumah. Alat antigen ini pun bermanfaat bagi mereka untuk melakukan screening awal ketika merasakan gejala yang mirip Covid-19.

Dokter Spesialis Patologi Klinik dr Basti Andriyoko, SpPK(K) mengatakan, tes mandiri Covid-19 tersebut diperbolehkan, tapi harus mengikuti anjuran. Menurutnya, alat antigen ini bisa menjadi P3K pandemi agar tidak menularkan orang lain.

"Bagus sekali jika masyarakat memiliki alat tes Covid-19 mandiri. Ini artinya dia sadar ketika punya risiko, dia tak mau menjadi risiko bagi orang lain. Tapi, yang perlu diperhatikan sekarang adalah apakah proses pengambilan sampelnya benar atau tidak karena itu yang menentukan akurasi hasil tes," kata dia dalam Live Instagram Okezone Stories, Kamis (18/11/2021).

Tes antigen

Dokter Basti coba menerangkan lebih detail bahwa dalam satu kit self test, itu biasanya akan berisi stick swab dengan ujung kapas berukuran besar, tabung tes, dan cairan tetes untuk pengujian. Semua alat itu dalam satu kemasan dan Anda sebagai konsumen mesti memastikan kit tes-nya harus masih disegel.

Sekarang, bagaimana penggunaan alat tes Covid-19 mandiri yang benar? Di sesi diskusi santai tersebut, dr Basti memperagakan bagaimana cara pengambilan sampel yang tepat pada alat tes Covid-19 mandiri. Ada dua teknik dasar yang bisa dilakukan dan keduanya besar kemungkinan memiliki akurasi hasil yang baik.

Teknik pertama adalah dengan menekan bagian hidung atas saat batang swab masuk ke lubang hidung. Biarkan beberapa saat, lalu putar, dan kemudian keluarkan. Lakukan teknik yang sama pada lubang hidung satunya. "Memasukkan batangnya juga tidak perlu sampai dalam pada penggunaan tes mandiri ini," kata dr Basti.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kemudian, teknik kedua adalah dengan memutar-mutar batang swab di lubang hidung secara keseluruhan. Ini dilakukan, katanya, untuk memastikan sampel yang keambil lumayan banyak sehingga pada akhrinya didapat hasil tes yang mendekati akurat.

"Jika sudah, batang swab yang sudah mengandung sampel uji dimasukkan ke dalam tabung lalu diteteskan cairan uji. Hasilnya akan keluar beberapa waktu setelahnya," kata dr Basti.

"Pada pemeriksaan antigen seperti yang dilakukan tes Covid-19 mandiri, jumlah sampel yang sedikit sulit terbaca oleh larutan ujinya. Beda dengan PCR yang mana jika sampel virus yang diperoleh sedikit, pengujian tetap dapat terbaca hasilnya. Ini juga yang kemudian membedakan harga antara tes PCR dengan Antigen," tambah dr Basti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini