Share

4 Mitos Gerhana Bulan di Luar Akal Sehat, Masih Sering Dipercaya Lho!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 612 2504543 4-mitos-gerhana-bulan-di-luar-akal-sehat-masih-sering-dipercaya-lho-QHlVlPt2a8.jpeg Ilustrasi Gerhana Bulan (Foto : Timesofindia)

GERHANA bulan sebagian merupakan fenomena alam yang terjadi hari ini, Jumat 19 November 2021. Uniknya, ini merupakan gerhana bulan terpanjang dalam 580 tahun terakhir sejak 1440. 

Gerhana bulan akan berlangsung selama enam jam dan akan terlihat di seluruh dunia. termasuk sebagian wilayah Indonesia.

Bulan akan muncul dalam warna merah darah, yang akan terjadi saat berkas sinar matahari melewati atmosfer bumi dan paling sedikit dibelokkan dan jatuh di bulan.

Namun sementara itu, di beberapa negara termasuk India terdapat mitos gerhana bulan yang kerap terdengar. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Tidak Boleh Menonton Gerhana

Gerhana Bulan

Terdapat mitos menyebutkan, tidak boleh menonton gerhana bulan dengan mata telanjang. Sebab khawatir akan berpengaruh terhadap mata.

Akan tetapi menurut sains, gerhana bulan aman untuk disaksikan langsung dengan mata telanjang. Anda tidak perlu melakukan tindakan pencegahan khusus untuk menyaksikan gerhana bulan.

Baca Juga : Ada Gerhana Bulan Terlama Malam Ini, Warga Bandung Bisa Amati Pukul 19.00

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan, Lengkap Terjemahan Latin dan Artinya

2. Dilarang Makan dan Minum Saat Gerhana Bulan

Mitos mengatakan, bahwa selama gerhana berlangsung dilarang makan dan minum karena akan berakibat hal-hal yang tidak diinginkan. Juga konon, makanan dan minuman akan beracun.

Namun, hal itu tidak benar. Sinar UV dan partikel lain yang menembus atmosfer planet kita tidak akan berbeda dari hari-hari biasanya. Aman untuk makan atau minum saat gerhana.

3. Tidak Boleh Berhubungan Seks

Pasutri

Menurut mitos saat gerhana, seseorang dilarang melakukan hubungan seks. Hal ini dikarenakan sebagai pertanda buruk.

Akan tetapi dengan adanya anggapan tersebut, yakni adanya larangan berhubungan badan tersebut sebagai pertanda buruk telah dipatahkan oleh ilmiah dan itu hanya mitos.

4. Hindari Menyentuh Benda Tajam

Mitos lainnya ketika gerhana bulan terjadi yaitu dilarang menyentuh benda tajam. Konon apabila Anda terluka, maka akan mengalami pendarahan dan sembuhnya lama.

Faktanya, pendarahan bisa bertahan lebih lama dan bekas luka bisa bertahan seumur hidup. Ini adalah mitos yang aneh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini