5 Khasiat Kimchi untuk Kesehatan, Ampuh Turunkan Berat Badan Lho

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 298 2504731 5-khasiat-kimchi-untuk-kesehatan-ampuh-turunkan-berat-badan-lho-Myx0sp1Ybz.jpg Kimchi makanan khas Korea memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Shutterstock)

KAMU pasti sudah cukup mengenal penganan kimchi. Ya, kimchi sering muncul di drama-drama Korea yang ada di layar televisi. Tapi tahukah kamu, kimchi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kimchi sendiri merupakan lauk asal Korea Selatan yang populer dengan rasa pedas dan asam. Kimchi terutama disajikan menggunakan kubis yang difermentasi dan berbagai rempah-rempah. Rasa kimchi bervariasi, tergantung bahan dan proses yang digunakan.

Baca juga: 5 Khasiat Luar Biasa Ikan Lele untuk Kesehatan, Bisa Cegah Stroke Lho 

Kimchi merupakan makanan rendah kalori dan kaya serat. Kemudian kandungan probiotik, antioksidan, dan senyawa bioaktif dalam hidangan kimchi menjadikannya sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat dalam 150 gram kimchi mengandung 22,5 kalori; 21 miligram magnesium; 2,4 gram serat; dan 1,65 gram protein. Nutrisi ini membuat kimchi menjadi makanan yang sangat bermanfaat.

Kimchi.

Nah, berikut 5 khasiat luar biasa kimchi untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dirangkum dari laman Stylecraze, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: Bisa Kena Koinfeksi Covid-19, Ini Kelompok yang Harus Dapat Vaksinasi Flu 

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah studi menunjukkan probiotik yang ditemukan dalam makanan seperti kimchi dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh (imunitas). Probiotik pengatur kekebalan ini termasuk Lactobacillus sakei dan Lactobacillus plantarum. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat kimchi ini.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Makanan fermentasi seperti kimchi mengandung bakteri asam laktat (BAL) yang memiliki sifat probiotik. Makanan kaya probiotik dapat meningkatkan bakteri usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, peningkatan asupan makanan fermentasi juga dapat mengobati diare menular, dan mengurangi peradangan.

3. Mengatur kadar gula darah

Sebuah studi percontohan yang dilakukan terhadap 21 orang dengan penyakit diabetes menemukan bahwa asupan kimchi dapat meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan kadar glukosa darah. Hidangan yang difermentasi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 5 Bahan Alami Rumahan untuk Obati Tumit Pecah-Pecah, Mudah dan Praktis 

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan probiotik dalam kimchi tidak hanya memberikan manfaat untuk sistem pencernaan, tetapi juga mencegah penyakit jantung. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan bisa menurunkan kolesterol.

Selain itu, bakteri probiotik dapat menghasilkan bahan kimia sebagai bagian dari metabolisme. Bahan kimia ini kemudian diserap ke dalam darah, lalu mengaktifkan reseptor di dalamnya untuk menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Ginjal, Salah Satunya Kurang Tidur 

5. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi kimchi dapat mengurangi berat badan pada individu yang kelebihan berat badan dan obesitas. Faktanya, varietas fermentasi telah menunjukkan hasil yang lebih signifikan daripada kimchi segar.

Selanjutnya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 114 orang dewasa selama 12 minggu menemukan bahwa Lactobacillus sakei yang ada dalam kimchi dapat membantu mengurangi lemak tubuh pada orang dengan obesitas. Selain itu, nilai kalori rendah dari hidangan Korea ini juga dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

Studi lain oleh Ajou University School of Medicine (Republik Korea) menunjukkan bahwa kimchi dapat meningkatkan tingkat metabolisme.

Baca juga: 9 Gejala Diabetes Tipe 2 pada Pria, Waspada jika Sering Pipis di Malam Hari 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini