Amankah Vaksinasi Flu untuk Lansia dan Anak? Ini Jawaban PAPDI

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 481 2504712 amankah-vaksinasi-flu-untuk-lansia-dan-anak-ini-jawaban-papdi-RO62paGtPL.jpg Ilustrasi vaksinasi flu. (Foto: Freepik)

KETUA Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Profesor Dr dr Samsuridjal Djauzi SpPD K-AI mengatakan vaksinasi flu memiliki efektivitas yang tinggi. Vaksin influenza dapat meningkatkan kemungkinan pulih apabila kelompok berisiko tinggi tertular penyakit flu.

"Bagi kelompok berisiko tinggi, vaksinasi dapat dilakukan ketika pasien dalam kondisi yang stabil. Jika penyakit komorbid sedang kambuh, vaksinasi sebaiknya dilakukan ketika kondisi pasien sudah pulih," jelas Prof Samsuridjal dalam virtual media briefing, Jumat 19 November 2021.

Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Flu Guna Cegah Koinfeksi Covid-19 

Ia melanjutkan, tidak ada syarat khusus bagi kelompok berisiko tinggi untuk melakukan vaksinasi influenza. Kecuali jika mereka memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terdapat dalam vaksin tersebut.

"Di masa pandemi ini, menurut WHO, vaksin flu dan vaksin covid-19 dapat diberikan dengan interval waktu tertentu. Namun untuk meningkatkan cakupan program imunisasi, pemberian vaksin flu disarankan dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian vaksin covid-19," terangnya.

Prof Samsuridjal menambahkan, anak-anak juga dapat diberikan vaksin flu dan covid-19. Namun, dengan aturan jika sudah masuk kelompok usia untuk diperbolehkan vaksin melakukan vaksinasi covid-19 yaitu minimal berusia 6 tahun.

Baca juga: Bisa Kena Koinfeksi Covid-19, Ini Kelompok yang Harus Dapat Vaksinasi Flu 

Sebelumnya dilaporkan bahwa World Health Organization (WHO) menyebut pada 2018 ada sebanyak 3 sampai 5 juta orang di dunia terkena infeksi influenza berat setiap tahunnya. Berdasarkan jumlah tersebut, diprediksi ada sebanyak 290 hingga 650 ribu orang meninggal dunia tiap tahunnya.

Oleh karena itu, vaksinasi flu sangat diperlukan, terlebih lagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang. Vaksinasi flu memiliki efektivitas selama satu tahun, dan untuk perlindungan optimal perlu dilakukan pengulangan setiap satu tahun sekali.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Ginjal, Salah Satunya Kurang Tidur 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini