5 Bahan Alami Rumahan untuk Obati Tumit Pecah-Pecah, Mudah dan Praktis

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 611 2504691 5-bahan-alami-rumahan-untuk-obati-tumit-pecah-pecah-mudah-dan-praktis-UEZuRExDsO.jpg Ilustrasi mengobati kulit tumit pecah-pecah. (Foto: Javi Indy/Freepik)

BANYAK perempuan di dunia selalu mengeluhkan kondisi tumit pecah-pecah di kakinya. Ini disebabkan banyak hal, salah satunya hilangnya kelembapan di kaki.

Dengan hilangnya kelembapan tersebut, tumit juga menjadi kering dan pecah-pecah. Jadi untuk menjaga kaki tetap lembut, halus, serta kenyal perlu melakukan rutinitas menggunakan pelembap harian.

Tumit pecah-pecah juga dapat meimbulkan rasa sakit dan berikut adalah beberapa pengobatan rumahan menggunakan bahan alami yang dapat Anda coba untuk meredakannya, seperti dihimpun dari laman Pinkvilla, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Ginjal, Salah Satunya Kurang Tidur 

1. Cuka

Cuka sebagai exfoliator ringan seperti madu dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit tumit pecah-pecah. Encerkan campuran menggunakan satu bagian cuka dan dua bagian air.

Ini mungkin mengeluarkan bau yang kuat setelah dioleskan ke kaki Anda tetapi akan hilang setelah mengering. Anda juga dapat menambahkan beberapa minyak esensial untuk aroma yang diinginkan.

Cuka

2. Madu

Madu sangat melembapkan dan juga memiliki sifat antimikroba serta antibakteri. Bahan alami ini juga dapat bertindak sebagai exfoliator dan membantu penyembuhan luka. Gunakan mangkuk untuk membuat campuran madu dan air mawar dan biarkan selama minimal 15 menit setelah dioleskan, bilas.

Madu

Baca juga: 9 Gejala Diabetes Tipe 2 pada Pria, Waspada jika Sering Pipis di Malam Hari 

3. Pisang

Ambil beberapa buah pisang matang, tumbuk dan gosokkan ke kaki Anda. Kaya akan potasium, pisang memiliki potensi pelembap yang hebat yang dapat menyembuhkan tumit pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

Pisang

4. Batu apung

Batu apung datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dimaksudkan untuk mengelupas kaki Anda. Rendam tumit Anda dalam air hangat dan gosok dengan baik selama beberapa menit. Lalu ikuti rutinitas harian melembapkan kaki Anda sebelum tidur.

Batu apung. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: 5 Cara Mudah untuk Jaga Ginjal Tetap Sehat 

5. Gel lidah buaya

Lidah buaya adalah pelembap yang sangat baik dan juga sangat menghidrasi. Ini juga menahan kelembapan di kulit, meningkatkan produksi kolagen juga yang akan membantu memperbaiki tumit pecah-pecah. Ekstrak sejumlah gel lidah buaya segar dan oleskan dengan memijatnya ke kaki Anda. Kemudian bilas setelah 20 menit.

Gel lidah buaya.

Baca juga: Ukuran Kaki Bisa Berubah Selama Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini